Minggu, Oktober 6

Jakarta

Rapper Sean ‘P Diddy’ Combs tersandung kasus dugaan pelecehan seksual. Korbannya diperkirakan menyentuh 120 orang, termasuk 25 anak-anak.

Yang mengejutkan, pemenang Grammy Award ini diduga mencekoki korban dengan xylazine, yang katanya adalah obat bius kuda. Sebenarnya, apa itu Xylazine dan apa kegunaan zat tersebut?

Untuk mengetahui soal ini, detikINET bertanya kepada dr Hari Nugroho MSc dari Institute of Mental Health Addiction and Neuroscience.


“Kalau di dunia adiksi, xylazine memang jadi issue, khususnya di sekitar Amerika Serikat dan Eropa. Ini karena fentanyl jalanan yang tercemar xylazine bikin kasus overdosis meningkat tajam,” jabarnya dalam pesan singkat, Jumat (4/9/2024).

Dikarenakan banyak kasus cemaran xylazine itu, White House (White House’s Office National Drug Control Policy) sampai mengeluarkan national response plan untuk mengatasi krisis ini.

Yang jadi poin penting, xylazine sendiri tidak diperuntukkan bagi manusia. Xylazine digunakan untuk veterinary dan dimasukkan oleh Food and Drug Administration (FDA) sebagai golongan transquilizer (penenang).

“Dalam bahasa mudahnya ya tadi, obat bius untuk hewan,” ungkap laki-laki yang menempuh pendidikan di King’s College London ini.

Di AS, xylazine memang belum dikategorikan sebagai golongan narkoba. Akan tetapi, ini menjadi ‘drug of concern’ atau jadi perhatian khusus, sebab sering kali sindikat narkoba mencampur xylazine ke produknya.

Pengacara asal Texas Tony Buzbee, yang menjadi kuasa hukum dari 120 korban kasus P Diddy, mengatakan beberapa kliennya telah dites narkoba. Secara mengejutkan, ditemukan zat-zat aneh dalam darah mereka termasuk xylazine.

Salah satu korban dari dugaan kejahatan ini adalah seorang perempuan berusia 20 tahun ketika ia diundang ke pesta oleh P Diddy. Menurut Buzbee, korban merasa tersanjung ketika diundang, namun setelah diberi satu minuman, ia tidak mengingat apapun lagi.

Korban akhirnya mengalami kondisi yang sangat buruk hingga dilarikan ke rumah sakit. Ditemukan kokain dan obat penenang kuda dalam darahnya.

(ask/ask)

Membagikan
Exit mobile version