Senin, September 16

Jakarta

Makanan Thailand ternyata tak hanya bisa ditemukan di restoran. Di kawasan Kemang ada makanan kaki lima yang punya sajian dengan citarasa khas Thailand.

Masih terhitung jari rasanya mencari penjual makanan Thailand non-restoran yang enak di Jakarta. Penyaji makanan Thailand yang citarasa menyerupai hidangan asli di negara gajah putih lebih banyak ditemukan di dalam pusat perbelanjaan atau restoran besar.

Tetapi baru-baru sebuah kedai penyaji makanan Thailand dalam versi yang sederhana sempat viral. Menu yang disajikan merupakan makanan rumahan tetapi dengan bahan dan kualitas rasa yang dijaga mirip dengan aslinya.


Penasaran dengan viralnya kedai bernama Oseng Thai, detikfood menyambangi gerai kaki lima tersembunyi di kawasan Kemang ini. Sayangnya ada menu yang telah ludes dibeli pelanggan tetapi beberapa menu andalan lainnya sempat kami cicipi.

Detail Informasi
Nama Tempat Makan Oseng Thai
Alamat Jl. Kemang Selatan I No.20, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan
No Telp 0815-1705-9080
Jam Operasional Selasa – Minggu, 12.00 – 20.30 WIB
Estimasi Harga Rp 15.000 – Rp 35.000
Tipe Kuliner Thailand
Fasilitas
  • Makan di Tempat
  • Bawang Pulang
  • Area Parkir

Lokasi yang hidden gem

Jika berbicara tentang kawasan Kemang, Jakarta Selatan pasti yang langsung terbesit di dalam pikiran adalah deretan restoran dan kafe di Jalan Kemang Raya. Tetapi jika ingin sedikit masuk ke dalam salah satu gangnya, kamu bisa menemukan penjual makanan yang unik.

Oseng Thai berada di Jalan Kemang Selatan I No.20, Bangka, Jakarta Selatan. Lokasinya agak terpencil, patokannya dapat mengandalkan The Papilion untuk kemudian memasuki jalan kecil di sebelahnya.

Terus lurus sejauh 200 meter dan Oseng Thai berada tepat pada jalan menurun. Oseng Thai tidak memiliki bangunan yang besar, hanya sekadar ruko dengan kapasitas 8 orang di dalam dan gerobak sederhana untuk menyimpan bahan juga memasak.

Demi menyajikan makanan khas Thailand yang mirip di negara asalnya, Oseng Thai gunakan beberapa bahan yang diimpor dari Thailand. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Bahan-bahan diimpor dari Thailand

Walaupun tampak sederhana tetapi kualitas hidangan Oseng Thai tak perlu diragukan. Sesuai dengan namanya ‘oseng’ berarti menu-menu yang dihadirkan hanya tumisan seperti pad krapao, pad kratiem, hingga pad thai yang ikonik.

Untuk menyajikan menu-menu ini Oseng Thai tidak menggunakan bahan sembarangan. Ada beberapa bahan yang masih diimpor dari Thailand seperti bumbu hingga mie pipih khusus untuk membuat pad thainya.

Bahkan untuk minumannya mereka menggunakan bubuk khusus yang didatangkan langsung dari Thailand. Misalnya pada penampilan Es Thai Tea seharga Rp 15.000 yang tampak seperti thai tea lainnya ternyata memiliki rasa yang jauh berbeda dengan thai tea lokal.

Rasa tehnya tak terlalu pekat dan tidak terlalu manis. Tetapi keduanya seimbang dan tidak tumpang tindih saat diseruput pertama kali.

Racikan bumbu pada hidangannya yang nikmat ada di halaman berikutnya.

Simak Video “Mencicipi Mie Celor Khas Palembang yang Legendaris di Melawai
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version