Sabtu, Oktober 5


Jakarta

PAN menanggapi relawan Prabowo Subianto, Immanuel Ebenezer (Noel), yang meyakini kabinet Prabowo akan diisi putra-putri terbaik bangsa alih-alih menggunakan terminologi ‘zaken kabinet’. Waketum PAN Viva Yoga berpandangan zaken kabinet merupakan istilah untuk orang-orang ahli di pemerintahan tapi tak membedakan antara kalangan parpol dan independen.

“Ya beda istilah saja. Secara terminologi zaken kabinet adalah kabinet ahli, yang diisi oleh orang-orang profesional di bidangnya masing-masing, yang bersumber dari internal partai politik maupun di luar partai politik,” kata Viva kepada wartawan, Kamis (3/10/2024).

Viva menilai kalangan profesional merupakan putra-putri terbaik bangsa atas keahliannya di bidang tertentu. Menurutnya, kalangan ini dibutuhkan untuk menjaga kredibilitas pejabat yang ada di pemerintahan.


“Orang profesional adalah putera-puteri terbaik bangsa yang memiliki keahlian khusus yang dibutuhkan untuk dapat menjaga kualitas dan kredibilitas kabinet,” katanya.

Lebih lanjut, Viva menyerahkan keputusan pemilihan orang-orang tersebut kepada Prabowo sebagai presiden terpilih. Dia menegaskan PAN berkomitmen mengikuti kebijakan presiden dalam menjalankan pemerintah ke depan.

“Untuk siapa saja yang akan masuk di zaken kabinet adalah menjadi kewenangan atau hak prerogatif presiden dalam menentukan kebijakan,” kata Viva.

“PAN akan ikut kebijakan presiden terpilih, Pak Prabowo Subianto dan akan berada di garda terdepan dalam mengawal dan merealisasikan program-program pemerintah,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Umum relawan Prabowo Mania Immanuel Ebenezer atau Noel mengatakan Presiden terpilih Prabowo Subianto mengedepankan putra-putri terbaik bangsa dalam penyusunan kabinet. Noel menegaskan banyak kader partai yang juga tergolong profesional.

“Bukan soal ‘zaken’ kabinet atau bukan, tetapi bagaimana agar kita memperoleh kabinet yang terbaik buat bangsa Indonesia dari putra putri terbaik Indonesia,” kata Noel terkait isu kabinet zaken Prabowo-Gibran Rakabuming, Kamis (3/10).

“Kita jangan lupa, banyak juga kader partai yang merupakan profesional sehingga para profesional yang berada di partai, sudah memenuhi syarat menjadi menteri, sepanjang mempunyai kapabilitas, integritas, dan loyalitas,” imbuh dia.

Simak juga Video ‘Puan Sebut AKD Bakal Ditetapkan Sebelum Kabinet Prabowo Diumumkan’:

[Gambas:Video 20detik]

(aik/aik)

Membagikan
Exit mobile version