Senin, Oktober 7

Jakarta

Jeruk lemon yang kaya akan vitamin C ternyata tak bisa dikonsumsi sembarang orang. Ada beberapa kondisi yang tidak disarankan untuk mengonsumsi lemon.

Lemon merupakan salah satu buah yang memiliki asam tetapi banyak penggemarnya. Dibalik rasa asam yang kecut tersimpan vitamin C dan kandungan nutrisi lainnya yang berkhasiat untuk tubuh.

Lemon juga kerap kali dimanfaatkan dalam masakan atau minuman agar rasanya lebih segar. Ternyata walaupun berkhasiat dan menyehatkan, lemon tak bisa dikonsumsi oleh sembarang orang.


Beberapa ahli gizi menyebut bahwa ada kandungan tersembunyi dalam asamnya lemon yang dapat mengganggu segelintir orang. Terlebih untuk mereka yang sensitif dan memiliki alergi makanan tertentu.

Baca juga: Chef Ini Dikritik Karena Bagikan Resep Telur Orak Arik Rebus

Berikut ini 5 kondisi yang dilarang konsumsi lemon melansir Times of India:

Penderita GERD tak disarankan untuk konsumsi lemon yang tinggi kadar asam. Foto: Getty Images/Bryony van der Merwe

1. Penderita GERD

Lemon memiliki kandungan asam yang tinggi dan bagi beberapa orang kadarnya tak dapat diterima oleh tubuh. Ada beberapa kondisi yang tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan asam.

Seperti GERD atau sensitif terhadap keasaman. Efek yang ditimbulkan akan sangat tidak nyaman atau bahkan bisa menyiksa dalam kondisi terparahnya.

Awalnya asam lambung akan terpicu dan menimbulkan gejala mual-mual. Lebih lanjutnya rasa seperti dada terbakar atau bahkan sakit perut pada bagian ulu hati yang membuat kesakitan saat berdiri.

2. Gigi yang sensitif

Penderita dengan keluhan gigi sensitif juga tidak disarankan untuk rutin konsumsi lemon. Lagi-lagi alasannya adalah kandungan asamnya yang terlalu gigi.

Pada gigi yang sensitif, kandungan asam pada lemon dapat meningkatkan potensi pengikisan enamel. Dampak jangka panjangnya kavitas pada gigi akan terbentuk akibat pengikisan.

Bukan berarti tidak boleh mengonsumsi sama sekali tetapi ada cara yang harus diperhatikan. Untuk meminimalisir efek pengeroposan enamel disarankan untuk membilas mulut dengan bersih.

Beberapa orang di halaman berikutnya juga tak disarankan konsumsi lemon.

Membagikan
Exit mobile version