Kamis, Oktober 17

Jakarta

iPhone 16 series diluncurkan bulan lalu dengan membawa tombol Camera Control sebagai salah satu fitur unggulannya. Kini, Oppo mengonfirmasi bahwa Find X8 series akan mengusung tombol kamera serupa.

Product Manager Oppo Find series Zhou Yibao belum lama ini mengunggah video di Weibo yang memperlihatkan cara kerja tombol kamera di Find X8 yang posisinya sama seperti Camera Control di iPhone 16. Tombol itu merupakan strip yang sensitif terhadap tekanan, sama seperti Camera Control di iPhone 16.

Zhou mengatakan pengguna bisa menekan tombol itu dua kali untuk membuka aplikasi kamera. Pengguna bisa menekan dan menahan tombol untuk mengambil foto dan bisa di-swipe untuk zoom in atau zoom out.


Menariknya, video demonstrasi Oppo menunjukkan semua fungsi tombol kamera di Find X8 tetap bisa digunakan di bawah air, termasuk fitur swipe untuk zoom. Oppo Find X8 series juga memiliki rating IP68 yang memungkinkan dibawa berenang dan main air.

[Gambas:Youtube]

Zhou juga menjelaskan alasan Oppo menyertakan tombol kamera di Find X8 series. Ia menunjukkan use case di bawah air tadi, di mana layar ponsel tidak bisa digunakan saat berada di bawah air atau karena jari yang basah sehingga sulit untuk mengambil foto.

Jadi tombol kamera ini memudahkan pengguna untuk mengambil foto dan mengontrol zoom saat berada di bawah air. Zhou juga menjelaskan tombol ini akan mudah digunakan dalam mode portrait dan landscape, seperti dikutip dari GSM Arena, Rabu (16/10/2024).

Zhou juga mengakui bahwa semua ponsel saat ini memungkinkan pengguna mengambil foto menggunakan tombol volume. Tapi ia mengklaim lebih dari 95% orang tidak mengetahui opsi ini. Ia menambahkan tombol volume hanya mendukung mengambil foto atau zoom, tidak keduanya secara bersamaan.

Oppo Find X8 series kabarnya akan mengusung spesifikasi kamera yang mirip seperti Find X7 Ultra yaitu kamera utama 50 MP, kamera telephoto 50 MP dengan optical zoom 3x, kamera periskop 50 MP dengan optical zoom 6x, dan kamera ultrawide 50 MP.

Oppo Find X8 series akan ditenagai chipset MediaTek Dimensity 9400. Ponsel flagship terbaru dari Oppo ini dirumorkan meluncur di China pada 24 Oktober 2024, dan sudah dipastikan akan rilis di Indonesia setelah memperoleh restu Kemenperin dan Kominfo.

[Gambas:Youtube]


(vmp/rns)

Membagikan
Exit mobile version