Selasa, September 17

Jakarta

Selain kopitiam Medan, di Gading Serpong ada kopitiam yang menyajikan menu khas Kepulauan Riau. Mulai dari mie Anambas hingga laksa sedap berempah jadi menu andalan.

Budaya sarapan di kopitiam masih melekat di orang Indonesia sehingga kopitiam-kopitiam masih eksis, mulai dari kopitiam legendaris hingga kopitiam bergaya modern.

Mencari kopitiam yang enak di sekitaran Jakarta pun tidaklah sulit. Salah satunya bisa ditemui di kawasan Gading Serpong. Di kawasan ini terdapat sejumlah kopitiam yang bisa dipilih.


Jika bosan dengan kopitiam Medan dan ingin mencicipi citarasa baru, kamu bisa mampir ke kopitiam Nyonya Molek. Tidak seperti kopitiam pada umumnya, mereka punya menu yang lebih bervariasi.

Pilihan makanannya pun berfokus pada hidangan khas Kepulauan Riau, seperti mie Anambas, mie sagu, hingga nasi dagang. Tenang saja, menu-menu seperti kaya butter toast, teh tarik, hingga kopi tarik tetap bisa ditemui di kopitiam ini.

Berikut beberapa menu rekomendasi yang wajib dicoba!

Detail Informasi (Nama Tempat Makan)
Nama Tempat Makan Nyonya Molek
Alamat Ruko South Goldfinch SGC/36, The Springs, Summarecon, Tangerang 15332
Instagram @nyonyamolek.id
Jam Operasional 07.00 – 22.00 WIB
Estimasi Harga Rp 14.000 – Rp 50.000
Tipe Kuliner Kopitiam
Fasilitas
  • Ruangan indoor AC
  • Ruangan outdoor
  • Tempat Parkir
  • Toilet

1. Kopitiam bergaya modern yang nyaman

Seperti ini suasana kopitiam Nyonya Molek di Gading Serpong. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Nyonya Molek yang baru buka satu bulan ini menawarkan suasana nyaman. Konsep kopitiamnya dibuat lebih modern dengan perpaduan warna ruangan antara hijau, cokelat, dan abu-abu muda yang cerah.

Dilengkapi dengan kursi dan meja berbahan kayu dan rotan, yang bisa diduduki kurang lebih 40 pax. Kopitiam ini juga punya area indoor yang dilengkapi pendingin udara maupun area outdoor untuk pelanggan yang ingin merokok.

Adapun area open kitchen yang dijadikan tempat untuk meracik pesanan teh atau kopi tarik.

Meskipun baru satu bulan buka, tetapi kopitiam ini sudah ramai dikunjungi. Pilihan menu yang beragam membuat kopitiam ini cocok menjadi tujuan untuk sarapan atau makan siang.

2. Mie Anambas topping salei yang pedas smokey

Mie Anambas menjadi salah satu menu andalan di kopitiam ini. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Menu yang ditawarkan kopitiam di sini cukup berbeda dari kopitiam pada umumnya. Nyonya Molek menawarkan hidangan khas Kepulauan Riau, salah satunya mie Anambas.

Di tempat asalnya, mie ini sebenarnya disebut mie Tarempa dari Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau. Mie ini biasa dimasak dengan bumbu khas, mulai dari cabai merah, bawang merah, bawang putih, kecap manis, kecap asin, gula merah, dan merica. Disajikan dengan suwiran ikan tongkol, telur, tauge, dan acar.

Namun, mie Anambas yang ditawarkan kopitiam ini punya topping lebih beragam, mulai dari ayam, ikan salai, hingga seafood. Di kopitiam ini mie Anambas juga bisa dimasak goreng atau siram (dengan kuah nyemek). Tingkat kepedasannya juga bisa dipilih mau biasa atau pedas.

Kami mencoba topping paling favorit yaitu Mie Anambas Salai (Rp 36.000) yang disiram kuah dan pedas. Tampilannya sudah menggugah selera dengan kuah merah pekat yang menggiurkan.

Sepiring mie Anambas di tempat ini terdiri dari mie keriting yang agak lebar, irisan sawi, potongan ikan tuna asap, dan kerupuk. Disiram dengan kuah merah yang cukup kental.

Kuah siramnya punya cita rasa pedas yang dominan dari lada dan campuran saus sambal. Dimakan dengan mie yang kenyal dan topping tuna asap semakin nikmat.

Tampaknya mereka menggunakan ikan tuna yang diasap cukup lama sehingga tidak amis dan memunculkan aroma smoky yang kuat. Aroma smoky itu pun membuat citarasa mie Anambas ini semakin unik.

Citarasa laksa hingga es teh tarik bisa dibaca pada halaman selanjutnya!

Simak Video “Cobain Lidah Sapi-Oseng Cumi Super Pedas
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version