Minggu, September 29

Jakarta

Kembali digelar, festival kuliner Minang mendatangkan banyak tenant jajanan pasar. Ada bika bakar hingga kue mangkuak yang legit.

Pencinta kuliner Minang merapat! Festival kuliner Sumatera Barat kembali digelar. Acara yang bertajuk ‘Festival Sumarak Minangkabau 2024’ ini digelar di Blok M Square.

Festival ini berlangsung selama 4 hari, mulai 26-29 September 2024. Ada 100 jenis kuliner khas Minang yang dijajakan dalam festival tersebut.


Beberapa di antaranya merupakan jajanan pasar yang jarang ditemukan di Jakarta. Berikut rekomendasinya.

1. Kue Mangkuak

Kue Mangkuak Foto: detikcom/Riska Fitria

Kue mangkuak atau kue mangkok merupakan kudapan manis khas Minangkabau. Sayangnya sudah mulai jarang ditemui. Di festival ini ada beberapa tenant yang menawarkan kue mangkuak.

Salah satunya Salero Minang. Kue mangkuak dicetak dalam batok kelapa berukuran kecil dan dikukus di panci berukuran besar.

Harga seporsinya sekitar Rp 20.000 dengan isian tiga kue. Kuenya berwarna putih dengan rasa gurih dan di tengahnya berwarna kecoklatan dengan rasa manis legit.

2. Bubur Kampiun

Bubur kampiun. Foto: detikcom/Riska Fitria

Bubur kampiun khas Sumatera Barat juga bisa kami temui di sini. Salah satu tenantnya bernama Kedai J&M. Seporsi bubur kampiun di sini dibanderol sekitar Rp 25.000.

Isiannya beragam, ada kacang hijau, bubur sumsum, ketan hitam, ketan putih kukus, kolak pisang, candil, dan lupisnya. Rasanya manis dengan kuah kolak.

Selain bubur kampiun, tenant ini juga menawarkan es tebak, yakni es campur gaya Minang yang terbuat dari olahan tepung beras ketan dan tepung sagu.

Jajanan pasar di festival Minang ada di halaman selanjutnya.

Simak Video “Berburu Kuliner Nusantara di Passer Legende PIM
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version