Kamis, September 19


Jakarta

Jauh sebelum muncul makanan kekinian, ada beberapa hidangan yang juga pernah viral dan menarik perhatian. Lantas bagaimana kondisinya yang dulu pernah berjaya?

Kecepatan dan masifnya pasar pada media sosial berdampak besar untuk hampir segala aspek kehidupan. Termasuk menjadi wadah promosi yang paling menjanjikan bagi para pelaku bisnis kuliner.

Sebelum berkembangnya TikTok, Instagram, dan berbagai media sosial lainnya ada pelaku usaha kuliner yang sudah berhasil viral. Hidangan makanannya yang lezat menarik perhatian banyak orang hingga membuatnya diantre panjang.


Viralnya beberapa makanan ini jauh sebelum kehadiran makanan kekinian yang dipuja-puja kawula muda hari ini. Sejak 2019 beberapa makanan mendadak bermunculan dan viral karena kelezatannya.

Baca juga: 5 Fakta Terra Nera, Restoran Ikonik ‘Emily In Paris’ yang Populer

Odading milik Pak Oleh pernah diviralkan oleh sosok bernama Ade Londok. Foto: Getty Images/zkruger

Dahulu, viralnya makanan ini masih berdasarkan rekomendasi netizen dari Twitter atau yang kini berubah nama menjadi X. Sampai-sampai ada fenomena jasa titip untuk mengantre makanan viral agar tak ketinggalan dan setidaknya pernah mencicipi.

Bakwan Pontianak GI, Dimsum Arsyif, Choi Pan Manie, hingga Roti Srikaya Tet Fai tercatat sebagai beberapa yang laris diantre para jastiper. Selain itu ada juga beberapa makanan yang pedasnya membara berhasil membuat netizen penasaran, termasuk konten kreator dari luar negeri.

Masih ingat dengan Indomie Abang Adek? Racikan mie dengan gerusan cabai setan yang melimpah ini membuat banyak pelanggan terbakar rasa penasarannya pun lidah mereka saat mencicipinya.

Tetapi ada juga beberapa kuliner viral yang berakhir redup. Seperti kisah Odading Mang Oleh yang beberapa tahun lalu dipopulerkan oleh Ade Londok asal Bandung.

Baca juga: 5 Ayam Sambal Setan yang Pedasnya Membara versi Bella Kuku

Demi bakwan Pontianak banyak orang yang pernah rela antre panjang. Foto: Getty Images/zkruger

Beberapa makanan viral tersebut dapat dikatakan sebagai sesepuh dari makanan viral kekinian. Tak sedikit para pelaku bisnis yang mengaku terbantu dengan populernya menu makanan yang mereka jajakan.

Ada yang sampai harus berjualan menjadi tiga shift hingga menjual habis roti kukusnya sebanyak 6.000 potong per hari. Lantas bagaimana kondisi makanan-makanan yang pernah viral ini?

Khusus pada pekan ini, detikfood akan mengajak nostalgia para pembaca dengan makanan yang sempat viral pada masanya. Bagi para pelanggannya mari melepas rindu dengan nikmatnya makanan-makanan populer yang pernah rela diantre.

Serba-serbi makanan yang pernah viral dengan kondisinya kini akan dikupas tuntas. Pastikan untuk selalu memantau dan membaca detikfood agar tidak ketinggalan informasinya, ya!

(dfl/odi)

Membagikan
Exit mobile version