Jumat, Mei 17


Jakarta

Warung kopi (warkop) legendaris bisa ditemui di Padang. Salah satunya adalah Warkop Eng yang memiliki racikan kopi nikmat dengan sajian bakmi goreng sedap.

Satu kawasan di kota Padang memiliki sederet warung kopi (warkop) yang legendaris. Namanya Jalan Niaga, Padang Barat, yang salah satunya Kopi Nan Yo.

Sayangnya, saat detikFood berkunjung ke sana Kopi Nan Yo sedang tutup. Akhirnya, kami melipir ke warkop lainnya yang tak jaraknya tak jauh, bernama Warkop Eng.


Warkop Eng ini sudah beroperasi sejak 1992. Sang pemilik kedai menjelaskan kalau mereka baru pindah ke Jalan Niaga, dulunya berlokasi di kawasan Nipah.

Warkop Eng, salah satu warkop legendaris di Padang sejak 1992 Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Pemiliknya adalah orang keturunan China, tapi sudah kami pastikan kalau makanan di sini disajikan halal. Karena, kami bertanya terlebih dahulu sebelum makan di sana.

Di tengah cuaca kota Padang yang panas, es kopi susu menjadi menu yang pas untuk segarkan dahaga. Menu ini disebut Kopi Susu Dingin (Rp 12.000).

Kopi susu dingin itu diracik menggunakan kopi hitam tubruk dan susunya dari susu kental manis (SKM). Rasa kopinya nendang, tapi terasa halus karena telah disaring beberapa kali. Ditambah manis yang nikmat dan agak legit.

Warkop Eng, salah satu warkop legendaris di Padang sejak 1992Warkop Eng, salah satu warkop legendaris di Padang sejak 1992 Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Warkop Eng menyediakan banyak camilan untuk teman minum kopi. Kami memilih pastel dan pisang goreng, tapi ada juga gorengan lainnya. Seperti risoles, bakwan, dan tahu goreng.

Belum kenyang, kami memesan seporsi bakmi goreng dan lontong kacang. Bakmi goreng (Rp 25.000) itu disajikan menggugah selera.

Racikan bakmi goreng di sini tipe yang basah. Seporsinya ditambahkan topping udang, ayam, telur, dan bakso ikan. Rasanya cenderung gurih dengan aroma seafood yang gurih enak.

Lontong kacang (Rp 15.000) juga tak kalah menggugah selera. Isinya terdiri atas lontong, mie kuning, tauge, kol, tahu goreng, seledri, dan bawang goreng, kemudian disiram kuah kacang yang pekat.

Warkop Eng, salah satu warkop legendaris di Padang sejak 1992 Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Seporsinya cukup mengenyangkan dan cocok sekali jika dinikmati saat sarapan. Kuah kacangnya juga gurih dengan sensasi pedas yang pas.

Warkop Eng ini bisa jadi referensi tempat nongkrong saat berada di kota Padang. Pilihan menu lain yang bisa dicoba ada mie ayam jamur, bubur ayam, nasi goreng mamak, hingga kwetiau siram. Harganya mulai dari Rp 12.000 – Rp 30.000 per porsinya.

Simak Video “Tempo Dulu Kopi, Kedai dengan Nuansa Perkampungan Bali Zaman Dulu
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Membagikan
Exit mobile version