Rabu, September 18


Jakarta

Nama presenter Ronal Surapradja pada detik terakhir pendaftaran Pilgub Jawa Barat (Jabar) muncul. Siapa sangka, niat awal mencalonkan jadi Wali Kota Bandung justru mendapat amanah maju sebagai calon Wakil Gubernur Jawa Barat.

PDIP mengusung nama Ronal Surapradja sebagai calon Wakil Gubernur Jawa Barat mendampingi Jeje Wiradinata sebagai calon Gubernur Jawa Barat. Jeje Wiradinata merupakan mantan Bupati Pangandaran.

Kepada detikcom, Ronal Surapradja merespons namanya diusung menjadi calon Wakil Gubernur Jawa Barat.


“Allah bekerja dengan cara-Nya yang misterius,” tulis Ronal Surapradja kepada detikcom menjelang azan subuh, Jumat (30/8/2024).

Inilah bentuk syukur alumnus Fikom Unpad, Bandung itu. Detikcom mengingat momen saat ngobrol dengan Ronal Surapradja di Masjid Nabawi, Senin (3/6/2024). Usai berpamitan ke makam Rasulullah, saat itu laki-laki berusia 47 tahun itu akan melanjutkan ke Makkah dengan mata yang masih berkaca-kaca

“Tadi saya pamitan kepada Rasulullah, sekaligus berdoa kepada Allah agar bisa kembali lagi dengan anak-anak dan orang-orang yang saya cintai,” ucap Ronal Surapradja sambil duduk bersimpuh dan meneguk secangkir air zam zam yang tersedia di tangki yang berada pada setiap sudut Masjid Nabawi.

Alumnus Fikom Unpad, Bandung, mengaku bersyukur atas semua rezeki yang didapatkannya. Salah satunya ketika dirinya bisa menunaikan salat Jumat di dalam Raudhah yang kerap disebut juga Taman Surga. Para ulama menyebutnya salah satu tempat mustazab untuk berdoa.

Ronal Sunandar Surapradja saat menunaikan ibadah haji tahun ini. Foto: Iqbal Arif Ismail / detikhikmah

Di sanalah Ronal Surapradja meminta diampuni dosa dan kesalahan diri karena pada usia 47 tahun belum menjadi muslim yang baik. Ia juga memanjatkan doa tak hanya untuk pribadi.

“Saya juga berdoa untuk Bandung, Indonesia, dan Palestina,” ujarnya.

Ternyata, penyiar Radio Jak FM itu punya niat maju dalam Pilkada 2024. Ronal berencana mencalonkan diri sebagai Wali Kota Bandung.

Dalam Pemilu 2024, Ronal Surapradja juga menjadi caleg DPR RI Dapil Jawa Barat XI dari PDIP. Namun, perolehan suaranya terpaut jauh dari selebritas yang juga menjadi caleg di daerah pemilihan Jawa Barat XI (Garut, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya).

Ronal meraih dukungan 5.849 suara, sedangkan pesaingnya Mulan Jameela (Gerindra) meraih 32.927, Ali Syakieb (PDIP) 19.847, dan Didi Riyadi (Nasdem) meraih 7.142. Hanya Mulan Jameela, artis yang menjadi caleg terpilih dari Dapil Jawa Barat XI.

Detikcom sempat bertanya soal keyakinan Ronal Surapradja dengan bekal yang dimiliki untuk rencananya memimpin Bandung.

“Karena saya tak punya cukup logistik, makanya menggunakan ‘jalur langit’. Saya langsung meminta bantuan Allah SWT,” kata Ronal tersenyum tipis.

Perbincangan kemudian berlanjut ke program-program pembangunan Kota Bandung yang disiapkannya. Bagaimana dia akan membenahi transportasi kota yang semrawut dan sampah yang menumpuk, misalnya. Juga strategi dia meningkatkan pendapatan Kota Bandung untuk membiayai pembangunan.

Namun dari empat pasang calon wali kota dan calon wakil wali kota yang mendaftar ke KPU Kodya Bandung hingga tenggat terakhir Kamis (29/8/2024), nama Ronal Surapradja tak termasuk di dalamnya.

Dari PDI Perjuangan, tempat Ronal bernaung sebagai politisi yang diusung adalah Dandan Riza Wardana. Dia didampingi Arif Wijaya yang diusung Partai Demokrat. Duet lainnya adalah Muhammad Farhan – Erwin (koalisi Partai NasDem dan PKB), Haru Suandharu – Dhani Wiranata (PKS – Gerindra), dan Arfi Rafnialdi – Yena Iskandar (Golkar – PSI).

Ternyata ini plot twist dalam kehidupan Ronal Surapradja. Niat mau jadi Wali Kota Bandung, tanggung jawab lebih besar justru datang kepada bintang film The Wedding & Bebek Betutu itu.

DPD PDI Perjuangan Jawa Barat (Jabar) justru mengajukan namanya sebagai calon Wakil Gubernur Jabar mendampingi Jeje Wiradinata. Paslon ini muncul menggantikan nama Anies Baswedan – Ono Surono (Ketua DPD PDIP Jabar) yang sejak Kamis siang ramai diperbincangkan.

(pus/wes)

Membagikan
Exit mobile version