Rabu, Oktober 2

Jakarta

Minum secangkir kopi di pagi hari adalah hal yang dilakukan banyak orang. Namun ternyata, kebiasaan ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan loh.

Kopi adalah salah satu minuman yang paling digemari di dunia. Sebagian orang bahkan merasa tak afdal rasanya jika memulai hari tanpa menenggak kopi.

Kendati demikian, minum kopi setelah bangun pagi ternyata tidak dianjurkan. Pasalnya, hal ini bisa memicu sejumlah gangguan kesehatan, baik fisik maupun mental.


Bahaya Minum Kopi Setelah Bangun Pagi

Dikutip dari Prevention, ada sejumlah risiko mengonsumsi kopi setelah bangun tidur di pagi hari. Kafein yang ada pada kopi dapat meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh. Kortisol adalah hormon yang menyediakan energi bagi tubuh, serta mengatur respons terhadap stres.

Kortisol berada pada puncaknya saat seseorang bangun tidur di pagi hari. Jika jumlah kortisol yang sudah tinggi ini didongkrak lagi dengan kopi, maka dapat memicu gejala berupa cemas (ansietas), gelisah, dan gemetar (tremor).

Orang-orang yang minum kopi di pagi hari juga cenderung mengonsumsinya saat perut kosong. Pada beberapa orang, hal ini dapat memicu gangguan pencernaan atau refluks asam.

Kendati demikian, setiap orang memiliki tingkat toleransi yang berbeda-beda terhadap kopi. Jadi, gejala yang muncul pada satu orang belum tentu muncul pada yang lain.

Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Kopi?

Lantas, kapan waktu terbaik untuk minum kopi setelah bangun pagi?

Para peneliti sepakat waktu ideal untuk mengonsumsi kopi adalah 3 sampai 5 jam setelah bangun tidur. Jadi jika seseorang bangun pada pukul 06.00, maka waktu terbaik untuk minum kopi adalah sekitar pukul 09.00-11.00.

Pasalnya, pada waktu tersebut kadar kortisol dalam tubuh akan mulai menurun, dan hal ini dapat memengaruhi tingkat energi. Minum secangkir kopi dapat meningkatkan kortisol dan mengembalikan energi yang mulai menurun.

Namun, perhatikan agar tidak mengonsumsi kopi beberapa jam sebelum tidur. Sebab, kafein dapat bertahan dalam tubuh selama 6 hingga 8 jam. Jika minum kopi di sore atau malam hari, maka berpotensi mengganggu waktu dan kualitas tidur.

(ath/naf)

Membagikan
Exit mobile version