Minggu, Oktober 6


Jakarta

Sebuah mobil pikap yang membawa 10 sepeda listrik hangus terbakar di depan Pintu Tol Jelambar 2 Grogol, Grogol Petamburan. Dari mana api pertama kali muncul?

Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat, Syarifudin menyebut pemadaman api memakan waktu satu jam. Awalnya, kata dia, seorang saksi melihat asap dari arah Tol Grogol arah Cawang, hingga kemudian informasi tersebut sampai ke pihaknya.

“Terlihat asap di tol, arah Grogol menuju Cawang,” kata Syarif dikutip dari Antara, Jumat (14/6/2024).


Syarif mengatakan bahwa proses pemadaman dimulai pukul 12.37 WIB hingga selesai pukul 13.20 WIB.

“Kita turunkan 10 personel dengan dua unit kendaraan pemadam,” kata Syarif.

TMC Polda Metro menyebut insiden terjadi saat pikap yang mengangkut sepeda listrik ini datang dari arah Angke menuju Jatinegara. Terkait penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan berwenang. Namun api muncul pertama kali pada sepeda listrik.

“Kejadian bermula saat kendaraan pikap bernomor Polisi B 9451 VAH yang dikemudikan pengemudi Ahmad Hudori warga Tangerang, datang dari arah Angke menuju Jatinegara, di Km 15.600 Jalur B, pengemudi diteriaki pengendara lain bahwa muatannya, sepeda listrik mengeluarkan api, pengemudi langsung menepikan kendaraannya ke bahu jalan,” jelasnya.

Namun diketahui, berdasarkan saran National Fire Chiefs Council United Kingdom, e-bikes atau e-scooters sebaiknya jangan disimpan atau diangkut sembarangan.

“Simpan sepeda listrik dan skuter listrik beserta baterainya di tempat yang sejuk. Hindari menyimpannya di tempat yang terlalu panas atau dingin,” tulis NFCC.

Lebih lanjut NFCC menyebut jika terjadi panas berlebih atau kerusakan pada kemasan baterai, pengisian daya yang berlebihan atau korsleting (misalnya, karena masuknya air), maka kesalahan dapat dengan mudah terjadi di dalam sel baterai yang rusak yang dapat menyebabkan baterai rusak secara drastis. Baterai dapat meledak dan atau menyebabkan kebakaran yang berkembang dengan cepat.

Simak Video “Penampakan Pikap Angkut 10 Sepeda Listrik Terbakar di Tol Dalam Kota
[Gambas:Video 20detik]
(riar/dry)

Membagikan
Exit mobile version