Sabtu, September 7


Jakarta

Seorang kakek dan emak-emak diserang beruang di Slovakia. Hewan liar itu terlihat dalam sebuah rekaman berlarian di tengah kota.

Menyitir BBC, Kamis (21/3/2024), dua orang dirawat di rumah sakit setelah diserang beruang. Lokasi kejadiannya di kota Liptovský Mikuláš, Slovakia.

Seorang wanita berusia 49 tahun mengalami cedera pada bahunya, sementara seorang pria berusia 72 tahun dirawat karena luka di kepalanya, demikian konfirmasi para pejabat.


Laporan-laporan menyebutkan bahwa polisi kemudian mengusir beruang tersebut ke luar kota dan masuk ke dalam hutan.

Video yang diposting di media sosial menunjukkan beruang tersebut berjalan di sepanjang jalan, dan salah satunya menerjang seorang pria di trotoar.

Berita ini muncul sehari setelah seorang wanita Belarusia berusia 31 tahun terluka hingga tewas saat mencoba melarikan diri dari seekor beruang cokelat di Pegunungan Low Tatra.

Lokasi serangan beruang cokelat di Slovakia (Foto: BBC)

Wanita itu sedang berjalan dengan seorang teman prianya melalui area hutan lebat dan jurang yang curam ketika mereka diserang beruang.

Menurut pria tersebut, dia dan wanita itu melarikan diri ke arah yang berbeda. Tubuhnya kemudian ditemukan oleh seekor anjing pelacak tak lama setelah dia meminta bantuan.

Ada sejumlah serangan beruang di Slovakia dalam beberapa tahun terakhir, termasuk satu serangan fatal pada tahun 2021, yang dilaporkan sebagai yang pertama di Slovakia selama satu abad.

Perlindungan lingkungan yang lebih baik di Eropa Tengah dan Timur sejak tahun 1989 berarti beruang telah kembali ke habitat alami di seluruh pegunungan Carpathian, yang membentang dari Rumania hingga Ukraina barat dan terus ke Slovakia dan Polandia.

Beberapa anggota koalisi populis-nasionalis Slovakia menyerukan perlindungan yang lebih longgar untuk beruang sehingga jumlah yang meningkat dapat diatur dengan perburuan.

Kementerian Lingkungan Hidup mengatakan bahwa bersama dengan Rumania, mereka akan mengajukan proposal pada Dewan Menteri Lingkungan Hidup Uni Eropa berikutnya untuk mengklasifikasikan kembali beruang ke dalam daftar spesies yang dilindungi, karena jumlah mereka tidak lagi terancam punah dan dapat dimusnahkan secara selektif.

Namun, para peneliti mengatakan bahwa tidak ada ledakan dalam perkiraan populasi beruang di Slovakia, yang menurut mereka tetap stabil di kisaran 1.275 ekor.

Simak Video “Santap Lezat Sate Lilit Berukuran Besar di Kota Jakarta
[Gambas:Video 20detik]
(msl/wsw)

Membagikan
Exit mobile version