Sabtu, Oktober 19


Jakarta

Seorang pria mengeluh perutnya tak enak dan kembung usai makan. Ia mengira hanya alami gangguan pencernaan biasa, tapi ternyata ada kecoak utuh di ususnya!

Berbagai kejadian tak terduga dialami dokter saat menangani kasus pasien. Terbaru, dokter di sebuah rumah sakit di New Delhi, India membagikan pengalamannya.

Mengutip Oddity Central (16/10/2024), dokter di Fortis Hospital menanggapi keluhan pria berusia 23 tahun. Ia mengatakan perutnya tidak nyaman selama 3 hari terakhir.


Pria itu merasakan nyeri perut parah dan sulit mencerna makanan yang berakhir sering kembung. Beberapa hari sebelumnya, pria ini mengonsumsi makanan kaki lima di sebuah pasar malam.

Ia pun menduga makanan kaki lima itulah yang jadi penyebab perutnya sakit. Namun, dokter bilang tindakan terbaik adalah melakukan Endoskopi Saluran Cerna Atas (GI), yaitu prosedur yang memeriksa bagian atas saluran gastrointestinal untuk menemukan penyebab gejala yang dialami pria tersebut.

Kecoak ditemukan dalam usus seorang pria yang mengeluh kembung. Foto: Oddity Central

Hasilnya ternyata bukan gangguan pencernaan biasa, tapi ada kecoak utuh bersarang di usus halus pria tersebut! Hal ini disampaikan dokter yang memeriksa pria tersebut, Dr Shubham Vatsya.

“Selama dua-tiga hari terakhir, pasien mengalami gangguan pencernaan dan kembung setelah makan. Saat pemeriksaan rutin, kami tidak sengaja melihat kecoak. Bahkan kami pun terkejut bagaimana kecoak itu bisa tetap utuh,” ujar sang dokter.

Setelah menemukan serangga hidup di dalam tubuh pasien, tim dokter memutuskan untuk mengeluarkannya menggunakan endoskopi dengan dua saluran. Satu untuk memasukkan udara dan air dan satu lagi untuk menyedot udara.

“Kami mengaktifkan tombol sedot pada endoskopi, yang secara efektif menyedot kecoak ke dalam saluran sedot, sehingga kecoak dapat dikeluarkan dari tubuh dan menyelamatkan nyawa pria itu,” jelas Dr. Vatsya.

Ia menjelaskan bahwa kegagalan mengeluarkan serangga secepat mungkin dapat menyebabkan komplikasi serius, termasuk penyakit menular pada pria ini.

Mengenai bagaimana kecoak sepanjang 3 cm itu bisa masuk ke dalam usus pria malang itu, ahli gastroenterologi India menduga kecoak bisa saja masuk ke tenggorokannya saat ia tidur. Kemungkinan lainnya, pria itu tidak sengaja menelan kecoak saat makan di pasar malam.

Seorang wanita di China juga pernah alami kejadian tak biasa, tulang ayam tersangkut di tenggorokan. Foto: Istimewa

Sebelumnya juga terjadi kisah-kisah tak terduga yang bikin publik tercengang. Misalnya wanita asal China yang mengeluh batuk tak kunjung sembuh selama 14 tahun, ternyata karena tulang ayam tersangkut di tenggorokannya!

Wanita itu berusia 22 tahun pada 2020 ketika kisahnya viral. Ia mengatakan sudah mengalami batuk parah sejak usia 7-8 tahun.

Meski sudah berkali-kali ke dokter, tapi dokter tidak bisa menemukan penyebab dari penyakit batuknya ini. Wanita ini bahkan juga sering kesulitan bernapas.

Dokter bernama Yang Ming lalu menemukan alasannya. Ia melakukan tindakan bronchoscopy yang menemukan tulang ayam sepanjang 2 cm tersangkut di tenggorokan wanita itu!

Dokter pun berhasil mengeluarkan tulang ayam itu dari tenggorokannya. Wanita tersebut mengaku bahwa dia tidak ingat bagaimana tulang ayam itu tersangkut di sana. Kini wanita tersebut sudah tidak mengalami batuk-batuk lagi.

(adr/odi)

Membagikan
Exit mobile version