Jakarta –
Ngecas motor listrik jangan tunggu baterainya habis. Hal ini penting untuk kesehatan baterai motor listrik kamu.
Baterai memiliki peran vital di kendaraan listrik. Untuk itu, dibutuhkan perawatan untuk menjaga performanya tetap optimal. Salah satu perawatan mudah yang bisa dilakukan adalah saat mengisi ulang dayanya. Hindari mengisi daya baterai saat sudah habis. Usahakan untuk mengisi baterai saat kondisinya masih tersisa 30 persen. Hal ini akan berpengaruh ke kesehatan baterai motor listrik kamu.
“Mengisi daya baterai di level 20-30 persen bertujuan untuk mencegah tekanan berlebih pada baterai dan mengurangi risiko kerusakan sel sehingga performa tetap stabil dan tahan lama,” demikian dikutip laman Instagram Gesits Motor Indonesia.
Hindari juga untuk mengisi daya baterai saat kondisinya panas atau motor baru berhenti setelah digunakan jarak jauh. Kondisi panas yang berlebihan itu dapat merusak komponen di dalam baterai.
“Disarankan untuk menunggunya beberapa saat agar kondisi temperatur turun dan tidak panas,” begitu penjelasannya.
Untuk lama pengecasannya pun berbeda-beda. Khusus motor listrik Gesits, satu unit baterai membutuhkan waktu 3-4 jam dari 0 persen sampai penuh. Artinya, kalau kamu mengisi baterai dari 30 persen, waktunya akan lebih cepat.
Baterai yang sudah terisi penuh itu bisa menempuh jarak sekira 50 km. Bila baterai yang digunakan dua, maka motor bisa menempuh jarak hingga 100 km. Namun perlu dicatat, hasil jarak tempuh itu tergantung dari beberapa faktor yang dipengaruhi pengendara itu sendiri.
Faktor yang dimaksud itu antara lain kecepatan, akselerasi, banyaknya penghentian kendaraan, temperatur udara, perubahan elevasi jalan (turunan/tanjakan), tekanan ban, serta beban yang diangkut kendaraan.
Perawatan lain yang bisa dilakukan adalah servis berkala. Servis berkala dilakukan setiap 6 bulan sekali atau kelipatan 6.000 km. Adapun komponen yang diservis antara lain cairan rem, rem depan, rem belakang, sabuk transisi, bearing rida, bearing kemudi, pengencangan baut rangka, garpu depan roda, dan motor penggerak.
(dry/din)