Senin, Mei 13


Jakarta

Aksi konyol dilakukan pengunjung festival kembang api di Meksiko. Mereka membawa laser dan ramai-ramai mengarahkannya ke pesawat yang tengah mengudara.

Mengarahkan laser ke arah pesawat adalah tindakan yang sangat membahayakan penerbangan. Siapapun yang melakukan terancam denda Rp miliaran hingga hukuman penjara.

Misalnya saja di Inggris, pada 1 Maret lalu telah menjatuhi hukuman penjara 5 tahun dan denda 250 ribu USD atau nyaris Rp 4 miliar.


Namun, yang terjadi di festival kembang api di Meksiko malah membuat geleng-geleng. Di sana ada puluhan laser yang diarahkan ke pesawat yang sedang terbang.

Melansir Stuff.co.nz, Rabu (27/3/2024), jet tersebut terbang di atas Festival Pyrotechnic di Tultepec. Dan, kerumunan orang yang memegang laser mengarahkan laser hijau ke arah pesawat tersebut.

Tanpa menyadari dampak yang akan terjadi, para penembak laser tersebut dengan santai ramai-ramai menyorot ke pesawat.

Aksi itu membuat warganet kesal melihat aksi para pengunjung festival tersebut.

“Apa yang salah dengan orang-orang ini??? Ini sangat berbahaya,” tulis warganet.

“Saya ingin tahu apakah mereka pikir akan lucu jika mereka bepergian dengan pesawat (yang dilaser) itu,” tulis yang lain.

Hingga saat ini tidak jelas apakah kejadian tersebut diusut oleh otoritas di Meksiko dan apakah ada larangan soal menembakkan laser ke pesawat di negara itu. Namun, di negara tetangganya yakni Amerika Serikat (AS), mengarahkan laser ke pesawat merupakan kejahatan federal. Pelaku diancam denda hingga 8700 pound sterling atau sekitar Rp 173,6 juta per perlanggaran.

Adapun festival kembang api nasional di Tultepec merupakan perayaan tahunan atas peran daerah tersebut sebagai pusat industri kembang api dalam negeri. Festival ini biasa didatangi hingga 100 ribu orang.

Simak Video “Pesawat Kargo Militer Rusia Jatuh Sesaat Setelah Lepas Landas
[Gambas:Video 20detik]
(wkn/fem)

Membagikan
Exit mobile version