Sabtu, Oktober 12

Jakarta

Tagar #AFCMafia mendadak menggema dan menjadi trending topic di media sosial menyusul laga penyisihan Grup C Piala Dunia 2026 zona Asia antara Indonesia melawan Bahrain, Kamis (10/10/2024). Kemarahan netizen dipicu oleh keputusan kontroversial wasit Ahmed Al Kaf asal Oman yang dianggap merugikan Timnas Garuda.

Publik sepak bola Indonesia geram dengan kepemimpinan Al Kaf yang memberikan tambahan waktu berlebihan di akhir pertandingan. Tambahan waktu tersebut berujung pada gol penyama kedudukan Bahrain yang dicetak Mohamed Marhoon dari situasi sepak pojok. Gol ini membuyarkan kemenangan Indonesia yang sudah di depan mata.

Netizen menilai Al Kaf telah mengabai protes para pemain dan ofisial Timnas Indonesia terkait tambahan waktu yang tidak wajar tersebut. Banyak yang menduga ada “tangan-tangan” di balik layar yang mempengaruhi keputusan wasit. Kecurigaan ini menguatkan narasi #AFCMafia yang selama ini berkembang di kalangan pecinta sepak bola Asia.


Berikut rangkuman kicauan warganet terkait #AFCMafia:

“THX@theafcdotcom, WE ARE BEING ROBBED BY YOUR REFEREE. #afcmafia,” ujar Coach Jusrtin di akun X.com.

“Sungguh mengecewakan melihat wasit yang tampaknya dibayar untuk merugikan Tim FC Indonesia. Ini adalah salah satu tindakan wasit terburuk dalam sejarah AFC. Integritas permainan harus dijaga. @afcasiancup, kami butuh keadilan dan fair play!#wasit #referee #afcmafia #Bahrain,” kata @schaturvedi194.

“Kemenangan kita dirampok, anjeeeennnggg pantas saja presiden afc nya orang bahrain… #afcmafia,” ujar @shepherdst.

“BAHRAIN.. Catat nama itu. Jangan biarkan mereka nyaman saat tandang ke Indonesia tahun depan bahkan SEJAK DETIK PERTAMA kedatangannya. Lupakan sopan santun pada perampok. Ini tentang HARGA DIRI BANGSA! #TimnasDay #afcmafia #robbed,” kata @valentinohong.

“Naikkan tagar #afcmafia terus gengs tunjukkan kekuatan netizen Indonesia agar tidak diremehkan lagi timnas kita,” ajak @EvanniaLee.

“Shame On You Ahmed Al Kaf wasit gila yang sudah punya 2 jam tangan tapi curang membiarkan pertandingan melewati batas waktu tambahan 6 menit Indonesia vs Bahrain jadi 2 – 2. FIFA hrs investigasi wasit curangi timnas Indonesia #afcmafia #FIFA #TimnasIndonesia #TimnasDay #Timnas,” kata @reododdyleonard.

“Timnas Bahrain,Timnas terkorup sepanjang persepakbolaan dunia,ngga malu mau main diPiala dunia dengan cara kotor💰💰🤑🤑#afcmafia,” tuding @LeonySusanna.

(afr/afr)

Membagikan
Exit mobile version