Sabtu, September 28

Jakarta

Rumah milik Alejandro Otero di Naples, Florida kejatuhan puing sampah antariksa pada 8 Maret 2024. Kini ia dan keluarganya menuntut NASA untuk membayar ganti rugi sebesar USD 80.000 atau sekitar Rp 1,3 miliar.

Mica Nguyen Worth, pengacara keluarga Otero mengatakan ganti rugi itu ditujukan untuk kerusakan properti yang tidak diasuransikan, kerugian akibat gangguan terhadap bisnis, kerugian akibat penderitaan emosional dan mental, dan biaya bantuan dari pihak ketiga.

“Kami sengaja menjaga nominalnya tetap masuk akal karena kami tidak ingin terlihat di mata NASA bahwa klien saya sedang mencari rejeki nomplok,” kata Worthy kepada ArsTechnica, seperti dikutip detikINET, Senin (24/6/2024).


Worthy menekankan keluarga Otero saat ini belum melayangkan gugatan kepada NASA, namun pihaknya sudah melakukan pembicaraan yang produktif dengan perwakilan hukum NASA. Ia mengatakan keluarga Otero hanya ingin mendapatkan kompensasi dari kerugian yang dialami sekaligus menjadi preseden bagi korban di masa depan.

Sampah antariksa yang jatuh di rumah Otero adalah puing dari bagian baterai yang dibuang dari stasiun luar angkasa (ISS). Puing dengan berat hampir 1 kg itu menghantam atap dan lantai atas rumah Otero, sebelum jatuh di lantai dasar rumahnya.

Saat insiden itu terjadi, Otero sedang tidak berada di rumah. Anak laki-lakinya yang bernama Daniel sedang berada di rumah, tapi untungnya ia tidak terluka.

Saat ini aturan mengenai ganti rugi kerusakan akibat sampah antariksa memang masih belum jelas. Apalagi puing baterai yang jatuh di rumah Otero dibawa oleh kargo milik badan antariksa Jepang (JAXA) yang tidak terbakar sepenuhnya di atmosfer, sehingga sulit ditentukan siapa yang bertanggung jawab.

NASA diberi waktu enam bulan untuk meninjau klaim tuntutan keluarga Otero. Mereka memiliki beberapa opsi untuk merespons tuntutan ini. NASA bisa mengganti rugi kerusakan yang dialami keluarga Otero hingga USD 25.000 untuk masing-masing klaim berdasarkan Federal Torts Claim Act.

Badan antariksa AS itu juga bisa menolak membayar ganti rugi atau memberikan tawaran ganti rugi yang tidak sesuai. Dalam hal ini, keluarga Otero dapat mengajukan gugatan federal terhadap NASA.

(vmp/fyk)

Membagikan
Exit mobile version