Senin, Oktober 21


Jakarta

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) merapikan nama-nama spot wisatanya. Kini tiada lagi nama spot wisata Bukit Teletubbies sampai Pasir Berbisik.

Dalam unggahan di Instagram resmi BBTNBTS, mereka menggunakan nama lokal untuk mengganti nama populer sebelumnya. Peniadaan nama luar telah dimulai pada bulan Agustus lalu.

“Setelah mendeklarasikan pengembalian penamaan spot atau lokasi wisata di kawasan TNBTS pada tanggal 17 Agustus 2024, BB TN Bromo Tengger Semeru juga meresmikan papan nama yang telah diganti menggunakan nama lokal di Lembah Watangan pada hari yang sama,” keterangan TNBTS dikutip Minggu (20/10/2024).


“Kali ini, giliran papan nama yang biasa sahabat kenal dengan Love Hill atau Bukit Cinta telah berganti menjadi Lemah Pasar sejak 18 Oktober 2024. Pergantian ini juga disertai dengan penambahan papan informasi terkait Lemah Pasar dan juga Bukit Kedaluh,” keterangan TNBTS.

BBTNBTS berharap dengan adanya info ini tarveler yang berkunjung ke kawasan Bromo sudah tidak bingung lagi saat memilih situs wisata di sistem booking online Bromo.

“Kami berharap upaya pelestarian budaya ini didukung upaya dari banyak pihak mulai dari pemerintah, pelaku wisata, serta sahabat semua. Jadikan salah satu spot foto wisatamu sabi kali. Tag mimin juga boleh lho,” keterangan TNBTS.

“Semoga dengan mengusung jargon Harmoni Konservasi Alam dan Budaya, nilai sejarah dan memiliki kultural historis masyarakat tengger semakin terjaga. Salam Lestari,” keterangan ditambahkan.

Sambutan baik traveler

Aneka traveler menyambut baik atas perubahan nama-nama situs wisata di kawasan Bromo itu. Mereka menilai bahwa nama itu tetap bisa mendunia tanpa meninggakan kearifan lokal.

“Terima kasih apresiasi utk TN. BTS. Untuk para pengelola TN atau tempat wisata lain utk mengangkat mengedepankan budaya/kearifan lokal. Tidak perlu lah agar terlihat modern, ke barat2an, biar mudah viral dan semacamnya. Kita harus bangga dgn budaya dan warisan adiluhung bangsa kita. Salam,” kata akun wanaindra.

“Naaah gini malah lebih cakep,” sahut febrirdhn.

“Suka banget ini. Mendunia tapi tetap dengan kearifan lokalnya yg penuh makna. ❤️❤️❤️,” ujar tiyan_achmad.

Berikut nama-nama spot wisata Bromo yang diganti dengan bahasa lokal:

1. Bukit Teletubbies menjadi Lembah Watangan
2. Bukit Cinta menjadi Lemah Pasar
3. Bukit Kingkong menjadi Bukit Kedaluh
4. Pasir Berbisik/Laut Pasir menjadi Pusung Gedhe.

(msl/fem)

Membagikan
Exit mobile version