Selasa, Oktober 8

Jakarta

Umat Islam disunnahkan untuk makan buah semangka. Hal ini sesuai dengan hadits yang mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW menyukai buah ini.

Lantas apa saja keutamaan dan manfaat dari buah semangka?

Rasulullah Suka Semangka

Aisyah RA pernah menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW menyukai buah semangka dan memakannya bersamaan dengan kurma muda. Hadits ini diriwayatkan oleh At-Tirmidzi sebagai berikut:


“Sesungguhnya Nabi SAW sering makan semangka disertai ruthab (kurma muda)” (HR At-Tirmidzi Nomor 1843, dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih At-Tirmidzi Nomor 1843).

Berdasarkan buku Edisi Indonesia Buku Pintar Sains dalam Al-Quran: Mengerti Mukjizah Ilmiah Firman Allah oleh Nadiah Thayyarah, Abu Dawud dalam hadits shahihnya meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Panasnya kurma ini menetralkan dinginnya semangka.”

Paduan semangka dengan kurma ini akan menghasilkan kestabilan yang sempurna dalam tubuh.

Adapun yang dimaksud dari semangka dalam hadits di atas adalah buah berkulit hijau. Buah ini lebih cepat dicerna oleh lambung dibandingkan mentimun, serta lebih cepat bercampur dengan makanan di dalam perut.

Keutamaan Makan Semangka

Setiap sunnah pasti memiliki keutamaan. Seperti buah semangka ini, Nabi Muhammad menyukai semangka karena termasuk buah yang memiliki kenikmatan surgawi.

Dalam kitab At-Tadzkirah, Imam Al Qurthubi menuliskan dari Ali RA bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Ya Ali, rajinlah makan buah semangka karena airnya dari air surga dan rasa manisnya adalah rasa manis surga.”

Selain itu, makan semangka juga memberikan kesehatan bagi orang yang memakannya. Bahkan orang yang makan buah semangka akan mendapatkan amal kebajikan.

“Untuk satu suap, Allah SWT mencatat untuknya 10 kebajikan dan menghapus darinya 10 keburukan dan mengangkatnya 10 derajat”.

Manfaat Semangka dalam Ilmu Kesehatan

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan membuat para ilmuwan meneliti hadits-hadits dari sisi sains. Seperti sunnah makan semangka ini, terdapat manfaat bagi kesehatan, seperti dikutip dari situs Cleveland Clinic.

1. Menghidrasi Tubuh

Semangka mengandung 92% air, sehingga buah ini dapat menghidrasi tubuh dengan baik. Kekurangan cairan bisa menyebabkan kelelahan, kram otot, dan sakit kepala.

2. Menjaga Berat Badan Tubuh

Semangka cocok untuk detikers yang ingin mencegah berat badan bertambah. Buah ini mengandung banyak air dan sedikit kalori, serta dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama.

3. Mencegah Sejumlah Penyakit

Beberapa penelitian menghubungkan manfaat semangka dengan pencegahan sejumlah penyakit kronis seperti diabetes, obesitas, penyakit kardiovaskular, dan kanker. Hal ini karena semangka mengandung antioksidan yang mampu memperlambat kerusakan sel.

4. Mendukung Kesehatan Mata

Vitamin A dalam semangka mendukung kesehatan kornea mata. Satu irisan semangka ukuran sedang dapat memenuhi hingga 11% dari kebutuhan vitamin A harian tubuh.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Semangka juga mengandung vitamin C (asam askorbat) yang juga mendukung sistem kekebalan tubuh, sehingga mampu melawan kuman dan infeksi.

6. Meredakan Nyeri Otot

Kandungan citrulline pada semangka membantu memproduksi oksida nitrat untuk meningkatkan aliran darah dan fungsi otot, sehingga cocok untuk meredakan nyeri otot atau mengembalikan kondisi otot setelah berolahraga.

7. Menyehatkan Kulit

Vitamin C dalam semangka juga membantu tubuh memproduksi kolagen. Kandungan ini bermanfaat untuk memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit, serta memperlambat efek penuaan.

8. Menyehatkan Pencernaan

Senyawa tanaman (polifenol) dalam semangka memicu tumbuhnya bakteri baik dalam usus, meningkatkan kinerja sistem pencernaan.

Demikian penjelasan tentang buah semangka yang disukai Rasulullah berdasarkan hadits. Selain mendapatkan pahala, mengkonsumsi semangka juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

(bai/inf)

Membagikan
Exit mobile version