Selasa, Oktober 15


Yogyakarta

Museum Benteng Vredeburg di Yogyakarta telah direvitalisasi. Kini, traveler dapat mengunjungi museum yang terletak tak jauh dari Titik Nol Kota Yogyakarta tersebut hingga malam.

Sebagai informasi, Museum Vredeburg dibuka pada Jumat (8/6/2024). Museum ini kini punya wajah baru yang dilengkapi dengan tempat rekreasi keluarga, taman serta pusat edukasi sejarah dan budaya.

“Revitalisasi museum adalah bagian dari komitmen IHA untuk meningkatkan pelayanan dan pengalaman pengunjung. Museum Benteng Vredeburg merupakan salah satu wujud nyata upaya kami dalam memanifestasikan komitmen tersebut,” ujar Plt Kepala Indonesian Heritage Agency (IHA), Ahmad Mahendra dalam keterangan tertulis yang diterima detikJogja, Sabtu (8/6/2024).


“Kami berharap wajah baru Museum Benteng Vredeburg dapat diterima dan dinikmati oleh masyarakat, serta menjadi tempat berkumpul yang nyaman dan inspiratif bagi semua kalangan,” sambungnya.

Wajah baru Museum Vredeburg menyuguhkan pameran sejarah dengan diorama dan tampilan baru yang lebih interaktif. Terdapat diorama digital yang juga dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Taman patriot dan area edupark juga menjadi bagian dari revitalisasi, memberikan ruang terbuka yang dapat dinikmati oleh semua pengunjung. Lebih lanjut, kini kawasan museum juga dilengkapi dengan fasilitas khusus ruang anak, menjadikan museum tempat yang nyaman dan edukatif bagi anak-anak.

Selain tata ruang pamer, dan pengembangan fasilitas, Museum Vredeburg juga merevitalisasi area Bastion yang mengarah ke Titik Nol Jogja untuk diakses dan dinikmati publik.

Lalu, Cafe Rustenburg dan beberapa tenant seperti ROPI dan Dawet Ireng di taman patriot juga telah dibuka. Bagi masyarakat yang tertarik untuk membeli merchandise khas Museum Vredeburg dan juga Indonesian Heritage Agency dapat mengunjungi Museum Shop Museum Benteng Vredeburg.

Terpisah, Penanggung Jawab Unit Museum Benteng Vredeburg, M. Rosyid Ridlo, menjelaskan revitalisasi museum bertujuan untuk modernisasi. Hal ini diharapkan bisa menggaet kawula muda untuk datang ke museum.

“Salah satu tujuan dari revitalisasi Museum Benteng Vredeburg adalah untuk menyajikan museum sejarah yang relevan dan modern bagi generasi masa kini. Kami berharap museum ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan sebagai ruang edukasi publik yang nyaman dan menarik dengan tampilan baru yang lebih segar dan interaktif,” ujar Rosyid.

Jam Buka Museum Vredeburg

Museum Vredeburg kembali dibuka untuk dan beroperasi setiap hari. Simak selengkapnya di bawah ini:

  • Senin hingga Kamis dari pukul 08.00 hingga 20.00 WIB.
  • Jumat hingga Minggu dari pukul 08.00 hingga 22.00 WIB.
  • Hari Libur Nasional tutup

Selain itu, sebagai bagian dari perayaan pembukaan kembali, pengunjung dapat masuk secara gratis hingga 14 Juni 2024. Pintu masuk museum melalui loket pintu barat dan loket pintu selatan.

_________________________

Artikel ini telah tayang di detikJogja

Simak Video “Segini Penghasilan Nenek Pengemis Viral yang Sembur Wisatawan Malioboro
[Gambas:Video 20detik]
(wkn/wkn)

Membagikan
Exit mobile version