Senin, September 30


Jakarta

Bau mulut bisa diakibatkan dari mengonsumsi bawang putih berlebihan. Nafas tak segar dan mengganggu aktivitas. Coba atasi dengan makanan ini.

Nafas yang tak segar setelah mengonsumsi bawang putih bisa membuat aktivitas terganggu. Apalagi jika harus berhadapan langsung dengan orang lain.

Beberapa orang biasanya langsung menyikat gigi agar nafas kembali segar. Namun, bisa juga dengan mengonsumsi makanan tertentu untuk menghempaskan bau mulut yang tak sedap itu.


Dilansir dari Mirror (23/9), bau mulut ini bisa diatasi dengan mengonsumsi yogurt. Hal ini telah dijelaskan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ‘Molecules’.

bawang putih Foto: Getty Images/iStockphoto/Burhanuddin Helmi

Penelitian itu menunjukkan bahwa mengonsumsi sesendok makan yogurt setelah makan bawang putih bisa menghilangkan aromanya. Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Ohio State University ini menemukan bahwa yogurt alami dapat membantu menetralkan senyawa berbasis sulfur yang menyebabkan bau tak sedap.

Para peneliti mengujinya dengan menaruh bawang putih mentah berjumlah sama dalam botol kaca dan menambahkan yogurt berbeda. Mereka menemukan bahwa yogurt 99 persen efektif dalam mengurangi senyawa bawang putih, terutama yogurt yang mengandung protein dan lemak tinggi.

Dr Sheryl Barringer, seorang penulis senior dalam penelitian tersebut, mengatakan, “Protein tinggi adalah hal yang populer. Umumnya orang ingin makan lebih banyak protein.”

yogurt Foto: iStock

Yogurt ini dapat mengatasi bau bawang putih sekaligus juga membuat rasa kenyang lebih lama. Namun, tidak berlaku pada bawang putih goreng, karena menggorengnya secara signifikan mengurangi konsentrasi pada senyawa penyebab bau.

Sebenarnya, tak hanya yogurt Yunani saja yang berpotensi menghempaskan bau mulut akibat bawang putih. Yogurt beraroma atau yang memiliki varian rasa juga berpotensi ampuh, terutama jika langsung dikonsumsi segera setelah menikmati makanan dengan kandungan bawang putih yang banyak.

(yms/odi)

Membagikan
Exit mobile version