Kamis, Mei 16


Jakarta

Perjalanan mudik Jakarta-Surabaya melalui jalur pantura dalam program Ekspedisi Oto Jalur Mudik Pantura (Eksotik) rampung sudah, tercatat 1.121 km terlampaui dengan medan menantang ala Pantura (Jalur pantai utara). Kendati demikian Toyota Yaris Cross Hybrid mampu melaluinya dengan mulus tanpa kendala, bahkan mobil berbekal teknologi Hybrid ini mampu mengkonsumsi bahan bakar terbaik mencapai 31,2 km/liter.

Perjalanan panjang detikOto diawali dari Jakarta-Indramayu-Cirebon-Pekalongan-Ungaran Semarang-Demak-Tuban-Surabaya Jawa Timur. Hal tersebut yang mencatatkan konsumsi bahan bakar yang berbeda-beda, berdasarkan dari jarak tempuh serta seberapa lama berkendara.

DetikOto mendapatkan hasil diawali dari konsumsi bahan bakar 22,8 km/ liter, 29,3 km/liter, hingga konsumsi bahan bakar terbaik dengan rute perjalanan Ungaran Semarang-Demak mencapai 31,2 km/liter.


Jika melihat data yang disajikan, konsumsi bahan bakar 31,2 km/liter ini didapat dengan berkendara sejauh 45,9 km, selama 2 jam berkendara, dengan kecepatan rata-rata 23 km/liter, dan memiliki skor berkendara 70. Dengan medan perjalanan Ungaran-Demak, situasi jalanan menanjak-menurun, kemacetan dalam kota ditambah dengan pantura yang padat, sekali lagi Toyota Yaris Cross Hybrid membuktikan semua tantangan tersebut bukanlah menjadi kendala.

Konsumsi bahan bakar Yaris Cross Hybrid Jakarta-surabaya melalui jalur pantura 31,2 km/liter. Foto: dok.detikOto/detik.com

Melihat efisiensi bahan bakar yang diberikan Toyota Yaris Cross Hybrid, tidak lepas dari fitur canggih HEV (Hybrid Electric Vehicle), yang dikawinkan dengan teknologi Toyota self-charging hybrid electric vehicle is driven using both engine and battery-powered electric motor alias mampu mengisi daya baterai secara otomatis saat berkendara.

Hal lain yang tidak kalah penting, fitur HEV yang ditawarkan akan membuat motor listrik bekerja secara otomatis, dan tidak melibatkan mesin bensin bekerja pada kecepatan tertentu. Hal tersebutlah yang membuat Yaris Cross Hybrid ini begitu irit dan efisien.

[Gambas:Youtube]

Di saat menggunakan mesin bakar alias mesin bensin, mesin 2NR-VEX 4 Cylinders, Inline 16-valves DOHC with Dual-VVT-i, berkapasitas 1.496 cc mampu menekan penggunaan bahan bakar sekaligus memenuhi dahaga detikOto saat membutuhkan performa lebih. Sesuai janji Toyota Yaris Cross Hybrid dengan memiliki 67 kW di 5.500 rpm ditambah dengan 59 kW power electric motor performa terbaik membuat berkendara tidak khawatir loyo.

Di saat bertemu dengan medan menanjak jelas tanpa kendala torsi 121 Nm di 4.000-4.800 RPM terbayar tuntas. Belum selesai torsi tersebut masih didukung dengan torsi Electric Motor 141 membuat mobil hybrid ini mampu melintas dengan mudah.

Simak Video “Eksotik Toyota Episode 3: Kokohnya Mobil Hybrid Mengarungi Pantura
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

Membagikan
Exit mobile version