Kamis, Mei 16

Jakarta

Mudik ke Kebumen, Jawa Tengah bisa lewat jalur pantai selatan (pansela). Jangan lupa juga mampir ke warung sate Ambal yang bumbunya unik.

Sate Ambal merupakan sate khas Kebumen, Jawa Tengah. Kata ‘Ambal’ diambil dari nama salah satu kabupaten di Kebumen, yakni kabupaten Ambal.

Sate Ambal terbuat dari daging ayam. Hanya saja yang membedakan ada pada bumbunya. Bumbunya menggunakan tempe yang dikukus. Tempe tersebut dihaluskan bersama bumbunya.


Sate Ambal banyak ditemui di daerah asalnya. Jika kamu mudik lewat jalur pansela, kamu pasti banyak menemukannya.

Berikut 5 warung sate Ambal yang terkenal enak:

1. Sate Ambal Pak Tino

Sate Ambal Pak Tino Foto: Google Review

Mudik ke Kebumen bisa mampir ke Sate Ambal Pak Tino. Restoran yang satu ini memiliki area yang luas, sehingga cocok juga jadi tempat peristirahatan bagi pemudik.

Seporsi sate Ambal di sini dibanderol sekitar Rp 35.000. Bumbunya kental dan rasanya gurih sedikit manis. Bumbunya disajikan di wadah terpisah.

Makan sate ayam di sini enaknya dipadukan dengan sop berkuah gurih. Di sini ada sup ayam, iga sapi, hingga sup gurame kemangi yang kondimennya komplet.

Sate Ambal Pak Tino
Jl. Urut Sewu, Area Sawah, Kenoyojayan, Kec. Ambal
Telepon: 0813-8633-5958

2. Sate Ayam Ambal Pak Alip

Warung sate AmbalSate Ayam Ambal Pak Alip Foto: Google Review

Sate Ayam Ambal Pak Alip juga tak kalah populer di Kebumen. Warung sederhana menempati bangunan rumah, tetapi suasana bersantapnya cukup nyaman.

Harga satu porsi sate Ambal di sini dibanderol sekitar Rp 30.000. Sate ayamnya diracik dengan bumbu yang meresap ke daging. Kemudian disajikan dengan bumbunya.

Sate ayamnya empuk dan potongan dagingnya cukup besar. Kamu bisa menikmati sate ambal dengan nasi atau pakai lontong.

Sate Ayam Ambal Pak Alip
Jl. Pahlawan, Kebumen, Bumirejo, Kec. Kebumen
Jam buka: 08.00-22.00
Telepon: 0813-9002-8657

Warung sate Ambal ada di halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version