Jumat, Oktober 25


Jakarta

Merek otomotif asal China, Zeekr, meluncurkan mobil listrik dengan bentuk yang unik, namanya Zeekr Mix. Ini merupakan mini-MPV yang punya tiga pintu geser.

Biasanya, MPV pintu geser hanya memiliki dua pintu geser di kiri dan kanannya. Tapi, Zeekr Mix punya tiga pintu geser, dua berada di sisi kanan, satu di sisi kiri, sementara pintu pengemudi di kiri (pakai setir kiri) menggunakan pintu biasa.

MPV Zeekr Mix ini memiliki kapasitas tempat duduk untuk lima orang. Tapi, ruang interiornya luas dan menyediakan berbagai tata letak kursi sesuai kebutuhan.


Zeekr Mix memiliki dimensi panjang 4.688 mm dengan jarak sumbu roda 3.008 mm, lebarnya 1.995 mm dan tingginya 1.775 mm. Mobil ini adalah model produksi pertama yang dibangun pada varian SEA-M dari Sustainable Experience Architecture (SEA) Geely, yang diperuntukkan bagi MPV.

Zeekr Mix jelas tidak seperti mobil lain di jalanan saat ini. Mobil ini punya desain futuristik dan mulus dengan menggabungkan lampu depan Stargate khas Zeekr dengan lebih dari 1.960 LED yang memungkinkan pengemudi menyesuaikan lampu mereka dan bahkan menampilkan pesan kepada pengguna jalan lain. Ada juga atap hitam kontras yang melengkung lembut dan strip lampu belakang lebar.

Zeekr Mix Foto: Dok. Zeekr

Zeekr Mix memiliki pintu geser ganda di sisi penumpang, pertama di dunia. Engsel kantilever yang besar menghilangkan kebutuhan akan rel pintu geser yang terlihat pada banyak MPV jenis ini.

Tidak ada pilar B di mobil ini, sehingga keluar-masuk kendaraan bagi penumpangnya akan mudah. Juga memungkinkan interior multiguna. Sebaliknya, pilar ganda di setiap sisi, yang terbuat dari baja yang dibentuk panas 2.000 mPa dan diperkuat melalui proses penebalan yang unik, diintegrasikan ke dalam pintu.

Di bagian interior, Zeekr Mix dilengkapi dasbor asimetris yang membebaskan lebih banyak ruang kaki untuk penumpang depan. Glovebox dipasang di atas dan airbag yang dipasang di atap. Pengemudi duduk di belakang layar instrumen melengkung 13 inci di samping layar sentuh infotainment 15 inci yang mengambang. Layar hiburannya dapat berputar 12 derajat ke arah pengemudi dan 47 derajat ke arah penumpang.

Zeekr Mix Foto: Dok. Zeekr

Di sisi lain, penumpang belakang menikmati kenyamanan seperti mobil limosin. Joknya dapat diatur secara elektrik, ada fitur penghangat, pijat serta sandaran kaki.

Uniknya, kursi penumpang depan bisa diputar 180 derajat untuk menghadap penumpang belakang. Kursi itu juga bisa diputar 90 derajat untuk melihat ke luar pintu samping. Fungsinya, kata Zeekr, misalnya mereka yang duduk di bangku depan mau memancing dari kenyamanan mobil mereka.

Zeekr Mix Foto: Dok. Zeekr

Zeekr Mix ditenagai satu motor yang menggerakkan roda belakang dengan tenaga maksimal 310 kW dan torsi 440 Nm. Akselerasi dari 0-100 km/jam cuma butuh waktu 6,8 detik.

Pilihan baterai mencakup paket lithium iron phosphate (LFP) 76 kWh atau baterai nickel manganese cobalt (NMC) 102 kWh, yang menyediakan jangkauan CLTC masing-masing sejauh 550 dan 702 km.

Arsitektur kelistrikan 800 volt memungkinkan Mix menyediakan pengisian cepat DC “5.5C”, yang berarti input pengisian daya 5,5 kali lebih besar dari baterai, yaitu sekitar 420 kW. Dengan demikian, pengisian daya baterai dari 10 hingga 80 persen hanya membutuhkan waktu 10,5 menit untuk baterai yang lebih kecil dan 15 menit untuk paket yang lebih besar. Mix juga dapat menyediakan daya DC hingga 60 kW untuk mengisi daya kendaraan lain.

Zeekr Mix juga dilengkapi dengan sensor lidar di bagian atas kaca depan sebagai standar. Bekerja bersama prosesor Nvidia Drive Orin-X ganda, mobil ini memiliki sistem bantuan pengemudi. Ini termasuk Navigasi Zeekr Pilot (NZP) opsional yang memungkinkan pengendaraan tanpa menggunakan tangan di jalan raya dan di jalan-jalan kota.

Zeekr Mix sudah mulai dijual di China. Mobil ini dibanderol dengan harga 279.900 yuan (Rp 613 jutaan) untuk versi baterai 76 kWh dan 299.900 yuan (Rp 657 jutaan) untuk versi long range.

(rgr/dry)

Membagikan
Exit mobile version