Selasa, Oktober 8


Jakarta

Produsen roda dua asal India, TVS, punya pabrik perakitan di Karawang, Jawa Barat. Fasilitas produksi tersebut tak hanya difungsikan untuk memenuhi kebutuhan domestik, melainkan juga ekspor.

Head of Marketing TVS Indonesia, Ryan Rahadian, mengatakan pabrik TVS di Karawang justru lebih difokuskan untuk memenuhi kebutuhan ekspor ketimbang domestik. Menurut dia, perbandingannya sekitar 60:40.

“Mungkin kalau dilihat dari kapasitas produksi kita tadi, itu 60 persen untuk ekspor dan 40 persen domestik. Jadi angka penjualannya bisa terlihat dari situ,” ujar Ryan saat ditemui di sela-sela preskon IMOS 2024 di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.


Motor TVS Foto: TVS Motor Company Indonesia (TMCI)

Ryan kemudian mengurai negara mana saja yang menjadi tujuan ekspor TVS Indonesia. Bukan hanya Asia, motor-motor mereka juga dikirim ke Afrika dan Amerika Selatan!

“Kita kirim motor (rakitan Indonesia) ke Afrika, Amerika Latin dan ASEAN kayak Filipina, Vietnam dan Laos. Afrikanya Burkina Faso dan lain-lain. Kalau Amerika ada Kolombia dan Argentina,” ungkapnya.

Model motor yang dirakit TVS Indonesia saat ini terbilang lengkap, ada skuter matik, motor bebek, motor naked, motor retro, hingga motor listrik.

Motor TVS diekspor ke luar negeri. Foto: dok. TVS

Di kesempatan yang sama, Ryan berharap, distribusi kendaraan untuk keperluan domestik kelak bisa menyamai atau melebihi keperluan ekspor. Itulah mengapa, saat ini pihaknya telah melakukan upaya-upaya agresif untuk meningkatkan penjualan di Indonesia.

“Itu lagi sudah ditargetkan. Makanya kita lagi agresif bahwa produk-produk yang sifatnya buat pasar domestik bagus lah. Kami lagi seleksi itu. Market kami sekarang masih kayak anak tangga, kita mau kuatin di dasar-dasarnya dulu, maka pasar domestik akan terbentuk,” kata dia.

(sfn/rgr)

Membagikan
Exit mobile version