Senin, Oktober 14


Jakarta

Produsen motor asal China, Zongshen, memperkenalkan produk motor sport terbaru mereka yang dinamakan Cyclone RC600. Motor ini menarik perhatian dengan memakai kelir warna kuning menyala, disertai winglet depan super besar. Wah, motor MotoGP Ducati Desmosedici bisa-bisa minder nih.

Dikutip dari Visordown, Zongshen Cyclone RC600 baru saja dipamerkan di ajang China International Motorcycle Trade Exhibition (CIMA) 2024. Motor ini hadir dengan warna kuning yang mencolok dan desain bodywork yang cukup sporty.


Penggunaan winglet di motor MotoGP Ducati Desmosedici Foto: AP/Alberto Saiz

Dari segi tampilan, motor ini dibekali dual headlamp yang sporty dengan lampu sein LED. Di moncong depan terdapat winglet yang memanjang dan menyambung ke bagian muka dan juga fairing samping. Di winglet tersebut juga terdapat tulisan cyclone.

Bagi yang belum tahu, winglet berfungsi buat menambah downforce motor saat melaju pada kecepatan tinggi. Penggunaan winglet dipopulerkan oleh motor MotoGP Ducati di pentas MotoGP. Kini mulai digunakan di produk-produk motor massal, seperti Zongshen Cyclone RC600 dan All New Yamaha YZF-R9.

Area mesin Zongshen Cyclone RC600 juga tampak padat dengan penyematan mesin paralel-twin 560 cc terbaru. Makin terlihat kokoh dengan suspensi depan jenis USD atau upside down berwarna gold. Sayang cakram depannya hanya pakai model tunggal. Harusnya sudah dilengkapi double disk ya.

Zongshen Cyclone RC600 Foto: Visordown

Geser ke samping, bagian sayap motor ini menggunakan desain ala sirip ikan hiu. Tentunya udara makin mudah masuk, sehingga mesin menjadi lebih cepat dingin. Sedang knalpotnya menggunakan konsep under belly.

Belum diketahui kapan motor ini akan dijual resmi ke pasaran. Yang pasti, kehadiran motor ini bakal bersaing langsung dengan moge-moge buatan Jepang seperti Honda CBR500R.

(lua/rgr)

Membagikan
Exit mobile version