Minggu, September 22


Jakarta

MotoGP Mandalika 2024 bergulir sepekan lagi. Persiapan sudah dilakukan, termasuk logistik perhelatan MotoGP.

MotoGP Mandalika akan digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 27-29 September 2024.

Sebagian logistik ajang MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang diangkut melalui jalur darat mulai berdatangan secara bertahap.


“Sebagian logistik MotoGP Indonesia telah mulai berdatangan di Sirkuit Mandalika,” kata Chairman Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGPTM) 2024 Troy Warokka, di Lombok Tengah dikutip dari Antara.

“Logistik yang tiba ini berupa peralatan broadcasting DornaSport,” katanya lagi.

Sedangkan logistik lainnya datang secara bertahap, termasuk sepeda motor maupun perlengkapannya dijadwalkan datang pada 24-25 September, karena masih menunggu balapan di Sirkuit Misano selesai tanggal 22 September 2024.

“Logistik lainnya akan dibawa menggunakan pesawat kargo melalui Bandara Internasional Lombok secara bertahap,” katanya pula.

Secara teknis, jarak antara Sirkuit Misano di Italia dengan Sirkuit Mandalika di Indonesia mencapai 12.000 km. Jarak tersebut sebenarnya tidak terlalu jauh. Tapi kemudian jadi sangat riskan jika mempertimbangkan waktu yang mepet dengan banyaknya peralatan dan perlengkapan MotoGP yang harus dipindahkan.

MotoGP Emilia Romagna 2024 dijadwalkan diselenggarakan Minggu (22/9) dan ada waktu selama tiga hari hingga Rabu (25/9) bagi panitia buat memindahkan peralatan balap MotoGP dari Italia ke Indonesia. Dorna Sports menggunakan hingga lima pesawat Boeing 777 untuk proses pemindahan logistik MotoGP tersebut.

“Tentunya kami tidak ingin mengorbankan kesenangan publik (pencinta MotoGP),” ungkap Direktur Operasional Dorna Sports Carles Jorba saat diwawancarai Motorsport seperti dikutip detikOto, Rabu (18/9).

“Memuat (logistik MotoGP ke) truk memakan waktu satu jam, lalu kami harus menempuh perjalanan enam jam menuju bandara Malpensa di Milan. Kami juga sudah berunding selama berminggu-minggu dengan pihak berwenang di sana. Semua (logistik MotoGP) harus diperiksa sebelum kami naik pesawat,” tambah dia.

Andai semua berjalan sesuai jadwal, pesawat pertama Boeing 777 yang mengangkut logistik MotoGP lepas landas dari Bandara Malpensa pada Senin (23/9) pukul 13:00 waktu setempat. Pesawat kemudian akan singgah di Doha, Qatar, dan dari sana akan berangkat ke Lombok, dan mendarat pada hari Selasa (24/9) pukul 11:15 pagi WITA.

Pesawat terakhir dari lima pesawat yang digunakan Dorna Sports akan meninggalkan Malpensa pada hari Selasa pukul 17:00 waktu setempat dan diperkirakan tiba di Lombok pada hari Rabu pukul 15:00 sore WITA.

“Sesampainya di sana, semuanya akan dibongkar dan kemudian akan diangkut melalui jalan darat, dengan truk-truk kecil – jalan di pulau ini tidak seperti jalan di Milan,” kata Jorba.

Sementara itu, pesawat kargo yang membawa logistik dan perlengkapan event MotoGP 2024 dijadwalkan tiba di Bandara Lombok pada 24 dan 25 September 2024 mendatang. Sebanyak lima penerbangan pesawat kargo Qatar Airways jenis Boeing 777 akan mengangkut 510 ton logistik MotoGP 2024. Jumlah kargo ini meningkat sebesar 31 persen dibandingkan dengan jumlah kargo yang tiba pada MotoGP 2023 dengan total 387 ton.

“Para personel Bandara Lombok bersama seluruh stakeholder terkait siap memberikan pelayanan terbaik yang mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan di bandara demi mendukung pelaksanaan dan kesuksesan perhelatan internasional MotoGP 2024 ini,” ujar General Manager PT Angkasa Pura Indonesia KC Bandara Lombok Barata Singgih Riwahono dalam keterangannya.

(riar/lua)

Membagikan
Exit mobile version