Minggu, Oktober 6


Gunungkidul

Viral dua bule menipu warga Gunungkidul dengan cara hipnotis. Polisi menyebut kedua orang itu diduga melakukan hipnotis dan menggasak uang jutaan rupiah milik warga Panggang.

“izin share lur, modus penipuan yang terjadi di Gunungkidul. dua orang bule ini keliling Gunungkidul modusnya mau tukar uang, tapi setelah dikasih dia minta uang lama dan masuk kasir, sudah sempat ada korban di daerah Panggang, mohon share info agar warung²/toko bisa lebih waspada,” kata akun X @merapi_uncover, Sabtu (6/7/2024).

Kaposlek Panggang, AKP Gatot Sukoco membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, kejadian tersebut terjadi di kompleks Pasar Joho, Blimbing, Panggang, Gunungkidul.


“Betul, kejadian itu terjadi tadi,” katanya, Sabtu (6/7/2024) malam.

Kronologi

Kanit Reskrim Polsek Panggang, Aipda Suyanto melanjutkan kejadian bermula saat dua orang asing mendatangi Pasar Joho pukul 13.00 WIB. Kedua orang itu lalu mendatangi Marjiani (29), warga Girisuko, Panggang, Gunungkidul.

“Dua orang asing itu mau menukarkan uang Rp 100 ribu dengan uang lama. Tapi korban mengaku tidak punya,” ucapnya.

Bahkan, korban sampai membukakan tasnya untuk memperlihatkan isi di dalamnya. Korban juga kembali menjelaskan bahwa tidak memiliki uang yang dimaksud oleh kedua orang tersebut.

“Tapi dua pelaku itu tidak percaya dan mencari sendiri di dalam tas korban. Setelah itu korban dipanggil oleh kakaknya dan kedua pelaku meninggalkan korban,” ujarnya.

Karena curiga, ibu korban meminta korban untuk mengecek jumlah uang di dalam tas tersebut. Pasalnya uang di dalam tas itu dalam kondisi acak-acakan.

“Setelah dihitung uang di dalam tas korban hilang sekitar Rp 1,2 juta,” katanya.

Merasa dirugikan, korban melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Panggang. Laporan itu, kata Suyanto, masih secara lisan. Akan tetapi, polisi langsung mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan penyelidikan.

“Dari keterangan saksi-saksi ciri ciri pelaku berperawakan tinggi dan satunya pendek. Keduanya orang asing atau dari luar negeri,” ujarnya.

Selain itu, dari hasil penyelidikan sementara kedua pelaku ternyata memarkirkan mobil jauh dari Pasar Joho. Selanjutnya, keduanya datang ke Pasar Joho dengan berjalan kaki.

“Sebelum masuk ke pasar pelaku membeli permen di toko depan Pasar,” ucapnya.

Lebih lanjut, saat ini polisi tengah memburu kedua pelaku. Polisi juga meminta agar masyarakat yang kedatangan dua orang bule dengan ciri-ciri tersebut agar segera melaporkan ke Polsek terdekat.

“Dari keterangan, pelaku melarikan diri ke arah barat atau arah Panggang-Purwosari. Saat ini kasus tersebut masih dalam penyelidikan,” ujarnya.

Artikel ini telah tayang di detikjogja

(sym/sym)

Membagikan
Exit mobile version