Selasa, Oktober 15


Jakarta

Sejumlah mobil mewah terpakir di area timur Gelora Bung Karno (GBK) Senayan. Mercedes-Benz S-Class itu disiapkan untuk pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming.

Mensesneg Pratikno buka suara soal mobil yang bakal dipakai tersebut. Nantinya mobil itu untuk transportasi tamu negara VVIP dan VIP.

“Mobil tersebut untuk transportasi penerimaan tamu negara VVIP dan VIP, bukan untuk menteri-menteri,” kata Pratikno kepada wartawan, Senin (14/10/2024).


Pratikno mengatakan kendaraan Mercy S-Class tersebut merupakan pinjaman. Pemerintah membayar kargo dan asuransi.

“Seperti halnya penyambutan tamu negara saat KTT, kendaraan-kendaraan tersebut pinjaman dari pemegang merk. Kita hanya bayar biaya kargo dan asuransi,” ujar Pratikno.

Diketahui, pelantikan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden akan digelar 20 Oktober mendatang di Gedung DPR.

Sekilas tentang Mercedes-Benz S-Class

Mercedes-Benz S Class merupakan sedan flagship yang dijual di Indonesia dengan harga Rp 2,9 miliar (off the road). Mobil ini langganan mengantarkan para pejabat penting di Indonesia.

S Class kini memiliki dimensi lebih besar dari generasi sebelumnya V222. New S Class memiliki ukuran panjang 5.289 mm x lebar 1.954 mm x lebar 1.945 x tinggi 1.503 mm. Sementara itu New S Class juga memiliki kelapangan bagi penumpang dari generasi sebelumnya dengan ukuran headroom lebih luas 1.070 mm (depan), 974 mm (belakang), legroom 1051 (depan) dan 1.115 (belakang).

Untuk menunjang kenyamanan. Sementara pada bagian kursi mengusung tema desain yang memiliki tiga lapisan seperti pola berlian dari kulit Nappa ekslusif. Selain itu terdapat kursi pijat pada barisan belakang yang terpasang hingga 19 motor dengan 10 program pijat dengan efek pijatan santai dengan kehangatan seperti prinsip batu panas.

Sementara dari sektor dapur pacunya S 450 Matic Luxury ini dibekali mesin M256, six-Inline (bensin) dengan transmisi 9G-Tronic Automatic berkapasitas 2.999 cc dan starter alternator EQ Boost 48-volt yang mampu memuntahkan tenaga 367 hp di 5.500 – 6.100 rpm dengan tambahan tenaga EQ Boost 22 hp, dan torsi 500 Nm di 1.600 – 4500 rpm.

(riar/dry)

Membagikan
Exit mobile version