Selasa, Oktober 22


Jakarta

Hampir semua mobil kepresidenan di dunia berwarna hitam. Namun, Presiden Prabowo Subianto selalu identik dengan mobil warna putih.

Ada beberapa alasan mengapa mobil kepresidenan identik dengan warna hitam. Mengutip laman Top Gear, dalam psikologi warna, hitam berkonotasi kepada kekuatan, keanggunan, formalitas, dan kualitas lainnya. Warna hitam menunjukkan kekuatan dan otoritas.

Karena representasi makna warna yang sesuai untuk pemimpin negara tersebut, kebanyakan mobil presiden hadir dengan warna hitam. Bahkan, di Amerika Serikat, mobil kepresidenan termasuk semua kendaraan pengawalnya selalu berwarna hitam.


Mobil Presiden Amerika Serikat Joe Biden saat berada di Bali. Foto: Garry Lotulung/NurPhoto/Getty Images

Warna hitam juga menjadi cara untuk membedakan mobil kepresidenan dengan kendaraan pemerintah lain seperti mobil polisi, pemadam kebakaran, kendaraan militer, dan sebagainya.

Warna hitam juga kerap dipilih sebagai mobil kepresidenan di Indonesia. Bahkan, Presiden ketujuh Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menggunakan mobil kepresidenan Mercedes-Benz S-Class Guard berwarna hitam. Termasuk Mercedes-Benz S-680 Guard generasi W223 terbaru yang dipakai Jokowi saat menghadiri pelantikan Presiden akhir pekan kemarin.

Rombongan Mobil Presiden dan Wakil Presiden. Foto: Agung Pambudhy

Meski mobil kepresidenan identik dengan warna hitam, ada beberapa petinggi negara yang juga memilih mobil warna putih. Contohnya petinggi negara Singapura yang beberapa kali menggunakan mobil warna putih.

Sementara itu, Presiden Prabowo Subianto tampaknya memilih putih sebagai warna favorit untuk kendaraannya. Mobil-mobil pribadi milik Prabowo identik dengan warna putih. Tak heran, saat arak-arakan menuju Istana Kepresidenan usai pelantikan akhir pekan kemarin, Prabowo menggunakan MV3 Garuda Limousine berwarna putih. Kendaraan pengawalnya pun pakai warna putih.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, mengakui bahwa Presiden Prabowo memang menyukai mobil-mobil dengan kelir putih. Mobil-mobil buatan Toyota yang dibeli Prabowo pun selalu berwarna putih.

“Setahu saya, Pak Prabowo memang suka mobil warna putih ya. Baik Lexus dan Toyota selalu belinya warna putih yang kita tahu,” ungkap Anton kepada wartawan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, belum lama ini.

(rgr/din)

Membagikan
Exit mobile version