Senin, Oktober 14

Jakarta

Elon Musk dan Tesla telah mengungkap visi masa depan kendaraan tanpa pengemudi. Elon mengungkap sepasang kendaraan otonom berpenampilan futuristik yaitu Cybercab, mobil kompak dua pintu, dan Robovan, minibus 20 kursi yang penampilannya unik.

Prototipe tersebut diumumkan di studio Warner Bros Discovery di Burbank, California. Bertajuk “We, Robot”, Musk menyampaikan presentasi mengenai masa depan Tesla di bidang kendaraan otonom.

Cybercab dirancang untuk beroperasi tanpa pengemudi. Musk mendemonstrasikan kemampuan kendaraan tersebut, membawanya berkeliling studio. Cybercab memiliki desain futuristik unik, dilengkapi pintu kupu-kupu dan tidak ada roda kemudi atau pedal.


Mengenai biaya sewa, Musk menjelaskan biaya bus sekitar USD 1 USD per mil tetapi Cybercab akan dikenakan biaya 20 sen per mil. Konsumen umum nantinya dapat membelinya.

Mengenai keamanannya, Musk mengungkap kendaraan otonom Tesla terus berlatih dan akan jauh lebih baik dari pengemudi manusia. “Kami memiliki jutaan mobil yang sedang dikendarai dan dilatih,” cetusnya, dikutip detikINET dari News.com.au.

“Dengan jumlah data pelatihan sebanyak itu, mobil ini akan jauh lebih baik daripada manusia. Mobil ini dapat melihat ke segala arah secara bersamaan, tidak lelah, atau mengirim pesan teks, mobil ini akan sepuluh atau dua puluh kali lebih aman daripada manusia,” klaimnya.

Musk mengumumkan Cybercab akan dibanderol seharga kurang dari USD 30.000 USD, dengan produksi diharapkan dimulai sebelum 2027. Kemudian, ia juga mengungkapkan Tesla Model Y dan Model 3 akan mengemudi otonomi tanpa pengawasan manusia dan akan mulai beroperasi di California dan Texas tahun depan.

Musk juga memperkenalkan Robovan, kendaraan besar yang dirancang untuk mengangkut hingga 20 penumpang dan mengatasi kepadatan tinggi perkotaan serta mengurangi biaya perjalanan”. “Kami akan membuatnya dan akan terlihat seperti itu, dapatkah Anda bayangkan melihat ini datang ke arah Anda? Itu akan luar biasa,” katanya.

Layanan taksi otonom telah lama menjadi bagian dari rencana Musk setelah mengumumkan ide tersebut tahun 2019 dan ia ingin mengubah kondisi jalan raya. “Masa depan harus terlihat seperti masa depan,” katanya pada hadirin.

Namun seperti yang telah kita lihat, realitas mengemudi otonom jauh lebih rumit karena regulasi dan teknologi sehingga masih belum diketahui apakah Musk dan Tesla akan bisa mewujudkannya. Akun perusahaan Tesla mencuit bahwa kendaraan otonom akan menciptakan dunia yang kita inginkan.

“Ini memenuhi semua kebutuhan transportasi dengan lebih sedikit mobil, karena mobil takkan menganggur hampir sepanjang hari lagi. Sebaliknya, kota-kota akan menjadi lebih hijau dan layak huni,” sebut Tesla.

(fyk/fyk)

Membagikan
Exit mobile version