
Jakarta –
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan program recall terhadap dua model yang dijual di Indonesia, yaitu Daihatsu Ayla dan Daihatsu Rocky. Sama seperti Toyota Agya dan Raize, kedua mobil Daihatsu itu harus dilakukan pemeriksaan dan pemrograman ulang software ECU Engine.
Program ini merupakan langkah proaktif dan konsistensi Daihatsu dalam melakukan pengujian seluruh produk secara berkelanjutan bahkan setelah dipasarkan. Ini juga menunjukkan transparansi dan tanggung jawab Daihatsu dalam memastikan kualitas produknya tetap mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan.
“Daihatsu di Indonesia mengajak pelanggan pemilik mobil Rocky 1.2 CVT produksi Juni 2021-Juli 2024 dan Ayla 1.2 CVT produksi Maret 2023-Juli 2024 untuk datang ke bengkel resmi terdekat agar dapat melakukan pemeriksaan dan pemrograman ulang software ECU Engine,” tulis Daihatsu dalam siaran persnya.
Langkah ini dilakukan untuk menghilangkan potensi malfungsi yang mungkin dapat terjadi. Pada kondisi tertentu pedal rem dapat terasa lebih berat dan keras dari biasanya, sehingga jarak pengereman menjadi lebih panjang dari seharusnya. Sebagai komponen elektronik, ECU berfungsi mengontrol berbagai sistem pada kendaraan, salah satunya booster rem yang mengatur kinerja pengereman agar lebih optimal selama berkendara.
Daihatsu meminta pemilik kendaraan yang terdampak recall ini agar menghubungi bengkel resmi terdekat. Untuk mengetahui apakah Daihatsu Rocky atau Daihatsu Ayla kamu terdampak recall, kamu bisa menghubungi bengkel resmi Daihatsu terdekat.
Atau, lebih mudahnya kamu bisa mengunjungi website www.daihatsu.co.id/ssc. Tinggal masukkan tipe mobil, tipe SSC atau kendala recall, dan masukkan nomor rangka. Untuk mengetahui nomor rangka, bisa dicek di STNK.
Bisa juga menghubungi Daihatsu Access1-500-898. Selain itu, Daihatsu secara aktif menginformasikan program ini kepada pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi, seperti menghubungi pelanggan secara langsung via telepon, informasi melalui situs resmi Daihatsu, serta media massa.
“Kami berkomitmen memberikan kepuasan kepada pelanggan selama masa kepemilikan kendaraan dengan mengundang pelanggan Daihatsu Rocky dan Ayla tahun produksi tertentu yang masuk dalam daftar program ini untuk dapat melakukan pemeriksaan dan pemrograman ulang ECU bengkel resmi Daihatsu. Layanan ini gratis tanpa dipungut biaya apa pun dengan estimasi waktu pengerjaan yang berlangsung sekitar 1 jam tanpa perlu penggantian komponen apa pun. Daihatsu menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan dari informasi ini,” ujar Marketing Director dan Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor, Sri Agung Handayani.
(rgr/din)