Minggu, Juni 30


Jakarta

Ekspor mobil buatan Indonesia ke mancanegara makin meningkat. Ini dia daftar mobil-mobil yang diproduksi di Indonesia dan dikirim ke luar negeri.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, ekspor mobil buatan Indonesia meningkat. Pada periode Mei 2024, ekspor CBU mencapai 40.986 unit atau naik 34,3 persen dibandingkan April tahun yang sama. Peningkatan ini tentu didukung oleh sejumlah pabrikan yang memproduksi mobilnya di dalam negeri.

Seperti diketahui bersama, ada 10 pabrikan yang mengekspor mobilnya secara utuh ke puluhan negara. 10 pabrikan itu adalah Toyota, Daihatsu, Hyundai, Wuling, Suzuki, Honda, Mitsubishi, DFSK, Isuzu, dan Hino. Untuk model mobilnya beragam, menyesuaikan dengan kebutuhan. Lalu apa saja yang mobil yang diproduksi di Indonesia dan dikirim ke luar negeri?


Toyota

Toyota cukup banyak mengekspor mobilnya ke luar negeri. Dari pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), mobil yang diekspor antara lain Veloz, Avanza, Fortuner, Innova Zenix, dan juga Yaris Cross. Total pada Mei 2024, ekspor mobil Toyota mencapai 14.206 unit.

Daihatsu

Daihatsu diketahui melakukan ekspor untuk merek Toyota dan juga Mazda. Khusus merek Daihatsu, mobil yang diekspor adalah Gran Max minibus dan juga pick up. Selanjutnya, Daihatsu juga mengapalkan Mazda Bongo ke Jepang. Sedangkan untuk merek Toyota, mobil yang diekspor Daihatsu adalah Town Ace, Lite Ace, Rush, Raize, dan Wigo. Total sepanjang Mei 2024, 9.018 unit mobil Daihatsu dikirim ke luar negeri.

Suzuki

Suzuki juga melakukan ekspor ke banyak negara seperti Brunei Darussalam, Kamboja, Filipina, Laos, Arab Saudi, Qatar, Tahutu, hingga Barbados. Untuk model mobil Suzuki yang diekspor yaitu Ertiga, Carry Pick-up, APV, dan XL-7. Jumlah unit mobil yang diekspor Suzuki itu sebanyak 1.560 unit.

Hino

Selanjutnya ada Hino yang turut mengirimkan sasis truk Filipina. Untuk modelnya, dalam data Gaikindo tertulis kode XZU309L-HKMLN8. Total jumlah yang diekspor sebanyak 109 unit.

Honda

Honda Brio dan BR-V tak hanya diproduksi untuk memenuhi pasar dalam negeri. Mobil ini juga diproduksi Honda untuk memenuhi pasar mancanegara seperti Filipina, Thailand, Meksiko, Vietnam, hingga Brunei Darussalam. Sepanjang Mei 2024, total Honda mengapalkan 1.140 unit mobilnya ke negara-negara tersebut.

Isuzu

Isuzu pun melakukan ekspor untuk truk Traga. Traga dikirim Isuzu ke beberapa negara yang tersebar di kawasan Amerika Selatan dan Asia. Jumlah Isuzu Traga yang diekspor itu sebanyak 1.032 unit.

Mitsubishi

Mitsubishi memanfaatkan pabrik di Indonesia untuk memenuhi permintaan dari negara-negara di kawasan Timur Tengah, Afrika, dan Asia. Ada tiga model mobil Mitsubishi yang diekspor yaitu Xpander, Xforce, dan Pajero Sport. Selain itu, Mitsubishi juga mengekspor Nissan Livina buatan Indonesia. Pada Mei 2024, ekspor Mitsubishi terbilang moncer karena mencapai 8.370 unit.

Hyundai

Pabrik Hyundai di kawasan Cikarang juga melakukan kegiatan ekspor. Pabrik itu memproduksi Creta dan Stargazer untuk kebutuhan ekspor. Sepanjang Mei, Hyundai mengirimkan 5.445 unit Creta dan Stargazer ke luar negeri.

Wuling

Wuling menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis ekspornya. Dalam data ekspor itu, Wuling diketahui mengekspor model Formo Max, Confero, Formo, Cortez, Alvez, Air ev, dan juga BinguoEV. Jumlah unit yang dikirimkan Wuling pada Mei 2024 sebanyak 63 unit.

DFSK

Masih dari pabrikan China, DFSK juga melakukan ekspor dari Indonesia. Negara tujuannya adalah Malaysia dan Timor Leste. Pada bulan kelima tahun 2024, DFSK mengirimkan 43 unit mobilnya ke Malaysia, sementara Timor Leste nol unit.

(dry/din)

Membagikan
Exit mobile version