Kamis, September 19


Jakarta

Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sudah menjual secara resmi pick-up double cabin terbaru Mitsubishi All New Triton.

Kendaraan niaga ringan andalan Mitsubishi ini ditawarkan dalam beberapa varian mulai dari yang termurah di tipe HDX hingga yang termahal di tipe Ultimate.

Namun menariknya, meski Mitsubishi All New Triton HDX termasuk dalam kelas paling rendah, pick-up double cabin ini tak bisa dipandang sebelah mata.


Rifat Sungkar selaku Brand Ambassador Mitsubishi mengklaim bahwa mobil ini hadir dengan range performa yang sangat disesuaikan oleh karakter kebutuhannya.

“Nah di 4N16 ini kita akan mendapatkan tiga performance mesin. Pertama di varian HDX dengan 110 HP, yang kedua di GLS akan ada 150 HP, dan Exceed bersama Ultimate, tuh, sama-sama 184 HP,” ujar Rifat pada acara Media Test Drive Mitsubishi All New Triton beberapa waktu lalu.

“Mesinnya kodenya sama, 4N16, tapi horsepower-nya (tenaganya) beda-beda. Artinya apa? Berarti mesin ini tuh punya range performance yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan,” lanjut Rifat.

Nah! Di tipe HDX, Mitsubishi memang ‘menyunat’ angka tenaga dan torsi maksimalnya. Namun yang harus disadari adalah, Triton HDX dapat mengeluarkan torsi maksimalnya di putaran 1.000 RPM.

“Yang sekarang, sebelum mungkin sebelum pada yang tanya banyak, di HDX horsepower (tenaga) kita 110, oke. Tapi torsinya itu dimulai dari 1.000 RPM sampai 3.750 RPM,” ujar Rifat.
“Flat dari torsi ini hanya bisa didapatkan dari teknologi yang canggih, yaitu salah satunya adalah Variable Geometry Turbo,” jelas Rifat.

Rifat Sungkar yang juga atlet motorsport berprestasi merasa takjub dengan ‘buasnya’ Mitsubishi All New Triton tipe terendah ini.

“Jadi crawling itu bukan cuma buat nanjak, ya. Nanti dirasain karena torsinya sangat besar di 1.000 RPM. Karena torsinya sangat besar di 1.000 RPM, jadi saya juga ini baru mobil pertama yang jujur saya baru coba ada mobil torsinya di 1.000 RPM. Biasanya kita nunggu di 1.500 atau 2.000 baru mulai, ini 1.000 RPM,” ujar Rifat.

Kokpit Mitsubishi All New Triton HDX Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Sebagai mesin yang dapat mengeluarkan torsinya di putaran rendah, membuat Triton HDX piawai untuk melahap tanjakan. Bahkan diklaim, cukup mengangkat kopling saja mobil ini dapat melahap tanjakan yang curam.

“Jadi nanti tanjakan pas lagi naik, gigi satu, angkat aja koplingnya dia akan jalan dengan sendirinya dan dia akan berusaha sampai setajam mungkin pun dia akan tetap jalan,” ujar Rifat.

“Tapi yang juga menurut saya membantu adalah pas turunan. Karena turunan pun si crawling speed ini akan menahan, apa namanya, speed kendaraan supaya dia juga tetap bisa dikontrol di permukaan yang tajam maupun becek,” tutupnya menjelaskan All New Triton HDX.

(mhg/dry)

Membagikan
Exit mobile version