Jakarta –
Ada yang menyebut mobil dengan penggerak roda depan atau FWD nggak kuat nanjak. Benarkah demikian atau hanya sekadar mitos?
Semakin ke sini, makin banyak mobil dengan penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD) bermunculan. Mobil-mobil MPV Toyota yang dulu terkenal dengan penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD) seperti Avanza dan Innova kini juga mengusung FWD.
Urusan berkendara, mobil FWD disebut-sebut nggak kuat menanjak kalau dibandingkan dengan mobil RWD. Mitos atau fakta ya? Praktisi keselamatan berkendara sekaligus Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu pernah mengatakan bahwa urusan menanjak, mobil FWD maupun RWD tidak masalah. Terlebih bila kondisi jalanan ideal, mobil FWD pun tidak ada masalah bila harus menanjak.
“Kalau semuanya tidak ideal, termasuk pengemudi yang gampang panik hingga traksi kurang seperti jalan licin, maka kondisi ini (penggerak) belakang akan menguntungkan. Tapi kalau semua ideal, tanjakan curam, ban ideal, pengemudinya juga tahu semua, nggak ada masalah dengan penggerak depan,” kata Jusri belum lama ini.
Untuk menaklukkan tanjakan kata Jusri, pengemudi harus mengetahui tekniknya dengan baik sekalipun mengendarai mobil RWD. Terpenting adalah menjaga momentum.
“Usahakan jangan melakukan perlambatan saat menanjak. Caranya jaga jarak dari jauh, supaya tidak melakukan perlambatan. Kalau terlalu mepet, pasti dia akan melakukan perlambatan ketika kendaraan di depan melakukan perlambatan atau berhenti. Jaga jarak supaya terus memelihara momentum,” sebutnya.
“Pergerakan itu akan menimbulkan momentum. Sehingga momentum ini akan membuat bobot kendaraan jadi lebih enteng karena ada gerakan momentum bukan gerakan dari mesin saja. Artinya beban mesin jadi lebih rendah,” papar Jusri.
Keuntungan Mobil FWD
Di luar urusan menanjak, mobil FWD memang diketahui memiliki sejumlah keunggulan. Salah satu keunggulan yang dimiliki mobil FWD adalah tenaga lebih responsif dan mesin lebih hemat dalam konsumsi bahan bakar. Soalnya, komponen dari mesin/transmisi ke roda belakang sangat pendek.
Hal itu membuat saluran tenaga dari mesin bisa lebih lancar dan tidak banyak hambatan. Alhasil, mesin FWD kerap memiliki tarikan yang lebih spontan dan lebih irit bahan bakar. Keunggulan lain mobil FWD adalah memiliki bobot lebih ringan karena lebih sedikit komponen powertrain-nya. Selain itu, mobil FWD memiliki kabin lebih lapang karena tidak terdapat gundukan komponen gardan di bawah lantai, seperti pada mobil berpenggerak roda belakang.
Simak Video “Pilih Penggerak Roda Depan atau Belakang? Ini Plus-Minusnya“
[Gambas:Video 20detik]
(dry/mhg)