Senin, September 23

Jakarta

Para peneliti mengungkap fakta baru tentang apa yang mungkin merupakan batu nisan tertua di Amerika Serikat. Batu nisan hitam ikonik itu, dari Jamestown, Virginia, memiliki elemen desain yang mungkin menghubungkannya dengan seorang kesatria Inggris.

Didirikan tahun 1607, Jamestown merupakan pemukiman Inggris permanen pertama di Amerika. Dalam penelitian di International Journal of Historical Archaeology, peneliti Markus Key dan Rebecca Rossi berupaya menentukan asal-usul artefak itu menggunakan fosil yang terkandung di dalamnya. Nisan itu berasal dari tahun 1627.

Peneliti menganalisis mikrofosil di batu nisan dan menemukan empat spesies yang tidak hidup di Amerika Utara. “Batu itu diimpor. Fosil-fosil itu menunjukkan asal Eropa utara,” kata Key. Bukti sejarah menunjukkan Belgia sebagai sumber paling mungkin. Dari sana, batu itu kemungkinan dipindahkan ke London dan dikirim ke Jamestown.


Selama abad ke-17, penjajah Inggris yang kaya sering memesan nisan mengesankan untuk diri sendiri. Batu itu sering disebut dibuat dari marmer hitam meski dalam dokumen sejarah, batu apa pun yang dapat dipoles disebut marmer saat itu. Dalam kasus nisan Jamestown, batu itu sebenarnya terbuat dari batu kapur hitam yang dipoles.

Marmer Belgia hitam legam adalah yang paling banyak diminati dan mahal. Elemen desain batu nisan tersebut memungkinkan untuk mempersempit kemungkinan siapa pemiliknya, mengingat hanya ada dua orang penjajah Inggris yang diberi gelar kebangsawanan di Jamestown.

Mungkin kandidat yang paling mungkin berdasar bukti yang tersedia adalah pria bernama Sir George Yeardley, yang pertama kali datang ke Jamestown dari Inggris tahun 1610 setelah mengalami kecelakaan kapal di Bermuda. Setelah beberapa lama tinggal di Inggris, ia kembali ke Jamestown, tempat ia meninggal tahun 1627.

“Tidak diragukan lagi ada batu nisan yang lebih tua yang dibuat oleh penduduk asli Amerika, tetapi mungkin terbuat dari kayu dan tidak bertahan lama,” kata Key yang dikutip detikINET dari Newsweek.

Simak Video “Kata Juru Kunci soal Nisan Makam Dirusak-Ancaman dari ‘Munkar-Nakir’
[Gambas:Video 20detik]

(fyk/fyk)

Membagikan
Exit mobile version