Rabu, September 25


Jakarta

Kreasi kopi banyak sekali macamnya, salah satunya yang dibuat oleh netizen Instagram. Racikannya serupa dalgona, tapi ditambahkan cita rasa madu yang legit.

Kopi dalgona merupakan kreasi minuman yang sempat populer di Korea Selatan, kemudian viral di berbagai negara. Berupa latte manis dengan tekstur yang lebih creamy karena ditambahkan kopi foam di atasnya.

Dinamakan ‘dalgona’, karena terlihat menyerupai adonan Dalgona Toffee atau permen tradisional khas Korea Selatan. Kreasi kopi dalgona ini viral sekitar masa pandemi Covid-19 pada 2020 lalu.


Kini kreasi kopi dalgona sudah tak begitu populer. Namun, masih ada yang mengkreasikannya dengan cara baru. Salah satunya mengombinasikan rasa manisnya dengan madu.

Dilansir dari News 18 (19/9), kreasi kopi dalgona dengan sentuhan baru dibagikan oleh seorang netizen bernama Alicia Aucoin di Instagram. Ia membuat kreasi itu setelah menonton sebuah video.

kreasi kopi mirip dalgona, yaitu whipped honey latte Foto: Instagram @aliicciaa

Cara membuatnya tak jauh berbeda dari membuat kopi dalgona. Alicia dan suaminya itu menunjukkan proses membuat kopi itu secara detail.

Mereka menyiapkan mixer terlebih dahulu, kemudian menuangkan 1 cup madu (236 ml) dan mulai mengaduknya menggunakan mixer sampai mengeluarkan busa. Setelah itu, ia menambahkan 5 sendok kopi bubuk dan menyeduhnya dengan sedikit air panas.

“Aduk semuanya sampai mengembang dan kental,” ujar suami Alicia.

Kemudian, racikan kopi yang telah tercampur madu itu diaduk kembali sampai mengembang mirip foam kental. Setelah itu, mereka menyiapkan gelas berisikan susu dan es batu, lalu menuangkan beberapa sendok foam kopi madu ke atasnya.

Saat mencicipinya, Alicia dan rekannya langsung menunjukkan ekspresi nikmat. Mereka juga memberikan nilai sempurna, yaitu 10.

kreasi kopi mirip dalgona, yaitu whipped honey latte Foto: Instagram @aliicciaa

“Nilainya 10 dari 10, ini enak sekali!” kata Alicia.

Dalam videonya, terlihat kalau jenis kopi yang digunakan Alicia adalah decaf. Kopi decaf diketahui sebagai kopi tanpa kafein yang cocok untuk pemilik riwayat penyakit lambung.

Kreasi kopi itu telah ditonton 27 juta kali. Banyak netizen berkomentar kalau racikannya mirip dengan kopi dalgona.

“Saya sudah membuatnya lebih dahulu, tapi pakai gula!” komentar netizen.

“Ini mah racikan kopi dalgona pakai madu,” sahut netizen lain.

(yms/odi)

Membagikan
Exit mobile version