Rabu, Oktober 2

Jakarta

Sejak lama, minum susu sapi terkenal berkhasiat. Namun, susu ternyata bisa lebih bermanfaat ketika dikombinasikan dengan beberapa jenis rempah.

Susu secara alami mengandung banyak nutrisi, seperti lemak, kalsium, protein, dan lain sebagainya. Karenanya, susu memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Susu menjadi sumber protein berkualitas tinggi dan mengandung asam amino spesial yang dibutuhkan tubuh. Susu juga dikenal kaya akan kalsium, sebuah mineral esensial bagi pertumbuhan dan pemeliharaan tulang serta gigi yang kuat.


Selain itu, susu mengandung berbagai mineral dan vitamin penting, seperti vitamin D, vitamin B12, vitamin B2, hingga fosfor.

Namun, susu sebenarnya tidak hanya bisa diminum begitu saja. Mencampurkan beberapa jenis rempah bisa meningkatkan rasa dan manfaat kesehatan susu.

Menambahkan rempah-rempahan ke dalam susu juga dapat membantu meningkatkan metabolisme, mengobati beberapa penyakit, memperbaiki siklus tidur, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Melansir Times of India (22/09/2024), berikut beberapa jenis rempah-rempahan umum yang dapat ditambahkan ke dalam susu.

1. Kunyit

Susu kunyit merupakan salah satu yang baik untuk membantu mengurangi beberapa penyakit. Foto: Getty Images/Photopips

Kunyit mengandung kurkumin, yaitu senyawa yang memiliki sifat anti radang dan antioksidan baik untuk tubuh.

Menambahkan kunyit ke dalam susu dapat membantu mengurangi radang, mendukung kesehatan sendi, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Susu kunyit juga dikenal karena khasiatnya yang dapat menenangkan tubuh.

Untuk membuat minuman ini, cukup campurkan 1/2 sendok teh bubuk kunyit ke dalam segelas susu hangat. Jika ingin ada rasa manis tambahan, bisa memasukkan madu alami ke dalamnya.

2. Kayu manis

Susu kayu manis juga baik untuk mengatur kadar gula darah hingga meningkatkan sensitivitas insulin. Foto: Getty Images/iStockphoto/Mizina

Kayu manis juga dikenal bagus untuk mengatur kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Kayu manis memiliki sifat antimikroba yang dapat mendukung kesehatan usus dan pencernaan.

Kombinasi susu dan kayu manis juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga mencegah makan berlebihan.

Susu kayu manis juga ampuh untuk melawan berbagai bakteri, virus, hingga infeksi jamur karena kandungan senyawa cinnamaldehyde dalam kayu manis yang bisa memerangi berbagai infeksi.

Kamu bisa membuat racikan ini dengan cara menambahkan 1/2 sendok teh bubuk kayu manis ke dalam susu. Selain itu bisa juga merendam batang kayu manis jika ingin rasa lebih kuat.

Racikan susu rempah menyehatkan lainnya bisa dilihat pada halaman selanjutnya!

Membagikan
Exit mobile version