Jumat, Oktober 4

Jakarta

Microsoft baru saja mengumumkan update besar-besaran untuk Windows 11 yang fokus kepada AI dan Copilot. Ada banyak fitur baru yang diperkenalkan, termasuk Recall yang kontroversial.

Mulai dari asisten AI Copilot yang akan memiliki desain dan banyak fitur baru. Asisten pintar ini akan bisa diajak bercakap-cakap secara langsung berkat fitur Copilot Voice yang mirip seperti Gemini Live dan ChatGPT Advanced Voice Mode.

Selanjutnya ada Copilot Vision yang memungkinkan Copilot melihat konten yang ditampilkan di layar komputer, membantu pengguna memahami apa yang mereka lihat, dan menjawab pertanyaan pengguna.


Ada juga Copilot Daily yang menawarkan ringkasan berita dan cuaca menggunakan suara yang sama seperti Copilot Voice, dengan informasi yang diambil dari sumber resmi. Microsoft Edge juga memiliki shortcut baru untuk mengakses Copilot yaitu dengan mengetik ‘@copilot’ di address bar.

Khusus untuk perangkat Copilot+ PC, Microsoft merilis lima fitur baru, termasuk fitur Recall yang sudah lama dinanti. Fitur ini sempat ditarik karena masalah privasi, namun Microsoft sudah merombaknya dengan menambahkan sejumlah protokol keamanan.

“Konsumen kini memiliki pilihan untuk opt-in untuk menyimpan snapshot dan jika mereka memilih opt-in, mereka akan menggunakan Windows Hello untuk mengonfirmasi kehadirannya dan membuka Recall secara aman,” kata Microsoft dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari 9to5Mac, Rabu (2/10/2024).

Recall akan tersedia untuk perangkat Copilot+ PC yang menggunakan prosesor Snapdragon X Elite dan X Plus. Fitur ini baru akan hadir di perangkat Copilot+ PC dengan prosesor Intel dan AMD pada bulan November, tapi hanya untuk Windows Insider.

Fitur baru lainnya termasuk ‘Click to Do’ yang memanfaatkan AI untuk mengubah pilihan tindakan di menu klik kanan sesuai konteks. AI juga meningkatkan fitur pencarian di Windows sehingga bisa mengenali konten di foto sehingga mudah dicari.

Microsoft Paint juga mendapatkan fitur Generative Fill dan Erase yang memudahkan pengguna menghapus objek yang tidak diinginkan di foto dan mengisi bagian yang kosong agar terlihat alami. Sementara itu, aplikasi edit foto di Windows akan memiliki fitur yang bisa meningkatkan resolusi foto hingga 8x dari resolusi aslinya menggunakan AI.

(vmp/vmp)

Membagikan
Exit mobile version