Rabu, Mei 15

Jakarta

Microsoft merilis aplikasi Copilot untuk Android pada Desember 2023 lalu, dan kini mereka mulai menyusupkan aplikasi yang menawarkan fungsi mirip ChatGPT tersebut ke Windows.

Hal ini pertama ditemukan oleh DeskModder, yang menyebut Microsoft mulai menginstal aplikasi Copilot secara otomatis ke dalam Windows 11. Sejauh ini aplikasinya memang belum punya fungsi apapun, dan saat ditelusuri lebih lanjut, ukuran aplikasinya pun masih 0 bytes.

Tampaknya Microsoft masih bersiap-siap untuk perilisan aplikasi Copilot di Windows 11, dan belum mulai mengoperasionalkan aplikasi tersebut. Jika tak mau PC-nya dipasangi Copilot, pun, pengguna bisa menghapus aplikasi ini lewat fitur Uninstall di Windows.


Tak ketahui juga apakah aplikasi Copilot ini otomatis terinstal saat pengaturan update otomatis Windows dimatikan. Namun yang jelas, aplikasi Copilot ini muncul setelah browser Edge diperbarui ke versi terbaru.

Menariknya, dalam file AppxManifest.xml tertera bahwa Copilot ini bisa dijalankan minimal di Windows 10, dan versi maksimalnya adalah Windows 12.0.0.0, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Kamis (28/3/2024).

Dari sini bisa diasumsikan bahwa Microsoft memang tengah menggarap Windows 12. Meski sebelumnya Microsoft mengkonfirmasi kalau mereka tak berencana merilis Windows 12 pada tahun 2024. Pembaruan yang akan dirilis tersebut akan dinamai Windows 11 24H2 (Hudson Valley).

Sebelumnya Microsoft juga memboyong Copilot ke banyak perangkat berbasis Windows 10 dan 11 untuk menghadirkan fitur AI ke PC. Menurut Microsoft, pengguna bisa melakukan 10 pertanyaan ke Copilot sebelum perlu login menggunakan ID Microosft.

Fiturnya masih dalam versi preview untuk saat ini, namun sudah dinyalakan secara default di Windows 11 23H2, dan masih dimatikan secara default di Windows 11 22H2.

Simak Video “Mengenal Aplikasi Copilot Buatan Microsoft
[Gambas:Video 20detik]

(asj/fay)

Membagikan
Exit mobile version