Selasa, Juli 2

Jakarta

PT Indopower Internasional mengumumkan ekspor perdana produk IPI AWS (advance waste system) Medis ke Filipina, yaitu solusi pengolah limbah medis yang berpotensi berbahaya untuk lingkungan.

“Mesin ini adalah solusi untuk masalah lingkungan akibat limbah rumah sakit. Saat ini, banyak rumah sakit di Indonesia kekurangan alat seperti ini, yang berdampak buruk karena limbah infeksius dapat menyebarkan bakteri atau virus berbahaya,” kata CEO PT Indopower Internasional, Dr. Ir. Harun Al Rosyid, MM, MT, Ast. Prof, dalam keterangan yang diterima detikINET.

“Kami terdorong untuk membuat produk merah putih ini agar tidak tergantung pada produk luar negeri. Harapannya, produk ini dapat memberikan banyak manfaat dan digunakan oleh banyak rumah sakit,” tambahnya.


IPI AWS Medis telah diproduksi selama tiga tahun terakhir di dalam negeri, memenuhi kebutuhan mesin medis yang masih kurang. Beberapa mesin telah dipasang di RSUD Pemalang dan terbukti efektif.

“Maka untuk itu kami berjuang bersama-sama tim Indonesia untuk memberdayakan ini, sehingga kita bisa diterima di pasar luar negeri. Sebelumnya mesin ini dipesan oleh Kontraktor Jepang untuk pengolahan limbah medis di sana,” jelas Harun.

Perwakilan dari Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Dr. Haznan, menjelaskan bahwa produk ini memiliki performa yang baik dan telah mendapatkan sertifikat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Produk IPI AWS ini cukup bagus, sudah dapat sertifikat dari KLHK sebagai produk yang ramah lingkungan. Ada beberapa variasi kapasitasnya, jadi bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak terkait yang memerlukan pemusnah limbah medis,” jelasnya.

Dengan keberhasilan ekspor ini, PT Indopower Internasional berharap dapat terus memberikan kontribusi positif bagi kesehatan masyarakat dan lingkungan, baik di dalam maupun luar negeri.

Simak Video “Heboh Sampah Berceceran di Kota Jambi: Limbah Medis -Jarum Suntik Bekas
[Gambas:Video 20detik]

(asj/asj)

Membagikan
Exit mobile version