Sabtu, Juni 29


Jakarta

Pesawat Boeing 737 milik maskapai Virgin Australia terbakar tak lama setelah lepas landas dari Bandara Queenstown, Selandia Baru. Dicurigai penyebabnya adalah kawanan burung.

Melansir Daily Star, Selasa (18/6/2024), momen dramatis terjadi saat pesawat milik Virgin Australia penerbangan VA148 Boeing 737 tujuan Melbourne terbakar di udara. Itu setelah salah satu mesin pesawat mulai mengeluarkan api dan menyebabkan seorang penumpang dan seorang kru terluka.

Adegan mengerikan terjadi ketika api menyembur dari pesawat dan direkam oleh penduduk setempat yang berada di bawah jalur penerbangan.


Lakes Weekly Bulletin melaporkan penduduk mendengar ledakan keras dan menyaksikan mesin pesawat terbakar. Itu membuat penerbangan dari Queenstown itu mendarat darurat di Invercargill, Selandia Baru.

Saksi mata menyebut insiden itu begitu mengerikan ketika pesawat menyemburkan api yang membumbung tinggi di udara. Lantas kejadian itu direkam dan viral di media sosial.

“Terdengar seperti rumah kami hancur berantakan. Satu mesin mengeluarkan api dan menyemburkan api,” tulis salah satu warga yang mengunggah video.

“Pesawat itu mengeluarkan suara denyut atau berdenyut dari salah satu mesinnya kemudian mengeluarkan api, mungkin menabrak burung? Pesawat itu terus menanjak dan suara serta nyala api berhenti,” ungkap saksi mata Nick Lambert kepada New Zealand Herald.

Sedangkan The Bulletin melaporkan bahwa insiden itu terjadi dalam penerbangan dengan 73 penumpang di dalamnya. Insiden mengakibatkan cedera pada seorang penumpang dan seorang kru.

“Penerbangan Virgin Australia VA148 berangkat dari Bandara Queenstown pada pukul 17.50, menuju Melbourne. Pesawat mengalami masalah sesaat setelah lepas landas dan telah dialihkan ke Bandara Invercargill,” tulis Bandara Queenstown di laman Facebook-nya.

Kemudian pemadam kebakaran pun disiapkan untuk memadamkan pesawat ketika mendarat darurat di bandara itu.

“Truk pemadam kebakaran disiagakan di bandara Invercargill ketika pesawat mendarat darurat sekitar 50 menit usai lepas landas dari Queenstown,” jelas Pengawas pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Urusan Darurat Selandia Baru, Lynn Crosson.

Penyebab kebakaran pada salah satu mesin itu masih diinvestigasi, tetapi dalam pernyataan, pihak maskapai menduga disebabkan serangan burung atau ‘bird strike’.

“Penerbangan Virgin Australia VA148 dari Queenstown ke Melbourne dialihkan ke Bandara Invercargill dan mendarat dengan selamat menyusul kemungkinan serangan burung saat lepas landas malam ini,” ungkap Kepala Operasional Maskapai Virgin Australia, Stuart Aggs.

Simak Video “Regulator AS Turun Tangan Buntut Jendela Alaska Airlines Lepas di Udara
[Gambas:Video 20detik]
(wkn/wkn)

Membagikan
Exit mobile version