Sabtu, Oktober 5


Riyadh

Arab Saudi mengalami lonjakan turis yang luar biasa. Peningkatan turis yang datang khusus untuk tujuan hiburan dan liburan bahkan disebut mencapai 656 persen.

Melansir Saudi Gazette, Kamis (3/10/2024), bahkan menurut Kementerian Pariwisata Saudi, peningkatan kunjungan turis internasional tersebut dialami hanya dalam rentang tujuh bulan pertama tahun 2024.

Kementerian tersebut mencatat bahwa sektor pariwisata, terutama segmen rekreasi dan liburan mengalami pertumbuhan yang kuat berkat arahan Visi Kerajaan 2030.


Kementerian mengatakan bahwa Arab Saudi telah menyambut 17,75 juta wisatawan internasional dalam rentang Januari dan Juli 2024. Itu Meningkat 10 persen pada periode yang sama di tahun lalu. Angka tersebut pun juga telah meningkat 73 persen dibandingkan pra Covid pada tahun 2019.

Angka paling mencolok adalah peningkatan 656 persen dalam jumlah wisatawan yang datang secara khusus untuk hiburan dan liburan. Kementerian mengatakan, 4,2 juta wisatawan tiba untuk berlibur dalam tujuh bulan pertama tahun 2024.

Data tersebut meningkat 25 persen dari tahun sebelumnya dan merupakan lompatan besar dari sebelum pandemi 2019.

Hasil itu tak lepas dari keberhasilan strategi pariwisata jangka panjang yang diterapkan Saudi. Kementerian Pariwisata menjelaskan, di bawah Visi 2030, Arab Saudi memiliki visi menjadi tujuan pariwisata global. Kerajaan bahkan telah menetapkan target 100 juta wisatawan pada tahun 2030.

Sementara itu, Arab Saudi diakui sebagai negara G20 dengan pertumbuhan tercepat dalam laporan Barometer Pariwisata Dunia PBB terbaru. Menurut laporan di bulan September, Saudi memimpin pertumbuhan jumlah wisatawan internasional dan pendapatan pariwisata.

Kerajaan Saudi pun tengah berfokus dalam mengembangkan sektor pariwisata yang berkelanjutan, meningkatkan infrastruktur, dan mempromosikan Arab Saudi sebagai tujuan utama global.

Sedangkan pencapaian itu disebut mencerminkan efektivitas upaya promosi wisata ke khalayak global.

(wkn/wsw)

Membagikan
Exit mobile version