Kamis, Oktober 17


Jakarta

Mercedes-Benz siap jika ditunjuk kembali untuk menyediakan mobil dinas presiden dan wakil presiden terpilih. Apa modelnya?

Pihak Mercedes-Benz mengaku belum ada diskusi lebih lanjut dengan pemerintah untuk menyediakan mobil dinas bagi presiden dan wakil presiden terpilih. Seperti diketahui, Mercedes-Benz merupakan penyedia kendaraan VVIP kepresidenan pada tahun 2019.

Kala itu, Kementerian Sekretariat Negara menunjuk Mercedes-Benz Indonesia untuk menyediakan dua unit Mercedes-Benz S 600 Guard sebagai kendaraan keras VVIP Kepresidenan. Mobil tersebut masih digunakan Presiden Jokowi. Mengingat usia mobil yang masih terbilang muda, tak menutup kemungkinan mobil serupa akan digunakan oleh presiden terpilih Prabowo Subianto sekaligus wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.


Sales and Marketing Director PT Inchape Indomobil Distribution Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto menjelaskan saat ini belum ada diskusi lebih lanjut dengan pemerintah terkait penyediaan unit mobil untuk presiden dan wakil presiden terpilih. Kalaupun ditunjuk kembali, Mercedez-Benz sudah menyiapkan amunisi kendaraan yang bisa menemani orang nomor wahid di Indonesia menjalankan tugasnya dengan lancar.

“Model tentu akan menyesuaikan dengan kebutuhan dari penggunanya, tapi kalau mengacu dari pengalaman pengalaman sebelumnya kendaraan kepresidenan biasanya dari keluarga S-Class tentu dengan fitur anti peluru (guard) nya,” ungkap Kerry saat dikonfirmasi detikOto, Rabu (16/10/2024).

Fitur yang ditawarkan Mercedes-Benz S 600 Guard memang cukup unggul. Terlebih sudah dilengkapi dengan antipeluru yang bisa melindungi presiden dan wakil presiden dari serangan senjata mesin M60. Adapun dari keluarga Mercedes-Benz, fitur antipeluru itu memang baru ada pada model S-Class.

“Untuk saat ini (tahun 2024) kendaraan anti peluru yang di produksi oleh Mercedes ada di S-Class, tapi ke depannya tidak menutup kemungkinan akan dikembangkan model lain juga,” lanjut Kerry.

Bicara performa, Mercedes-Benz S 600 Guard menggendong mesin bensin V12, yang bisa menyemburkan tenaga hingga 530 daya kuda. Torsi mesinnya mencapai 830 Nm. Mesin itu dikawinkan dengan transmisi otomatis 7G-Tronic. Kecepatan tertingginya dibatasi secara elektronik hingga 210 km/jam.

(dry/din)

Membagikan
Exit mobile version