Jumat, Oktober 4


Barcelona

Hyundai menciptakan mobil listrik yang menyenangkan untuk dikendarai. Berkat Hyundai Ioniq 5 N, nyetir mobil listrik tak akan terasa membosankan.

Hyundai Ioniq 5 N lahir sebagai jawaban dari Hyundai N-divisi mobil performa tinggi Hyundai-untuk petrolhead yang menginginkan mobil listrik performa tinggi tapi tetap menyenangkan untuk dikendarai. Fitur-fiturnya sangat menunjang untuk digunakan sebagai mobil harian maupun saat diajak track day atau kebut-kebutan di sirkuit.

detikOto menjadi salah satu orang Indonesia pertama yang berkesempatan untuk menjajal langsung Hyundai Ioniq 5 N di Barcelona, Spanyol, pada 23 Maret 2024. Kami mengujinya di jalan raya Barcelona melalui jalan perkotaan, jalan pegunungan, highway, sampai di trek tepatnya di sirkuit Parcmotor Castelloli di Barcelona.


Simak terus ulasannya sampai habis ya.

Desain Tak Seperti Ioniq 5 Biasa

Secara desain, Hyundai Ioniq 5 N tentu tak sama dengan Ioniq 5 biasa yang sudah banyak beredar di jalanan Indonesia. Mobil ini tampil sangat sporty dengan tongkrongan wide dan lower body ala mobil sport.

Pembeda Ioniq 5 N dengan Ioniq 5 biasa adalah terdapat perubahan proporsi. Hyundai Ioniq 5 N lebih rendah, lebih lebar dan punya pelek yang lebih besar. Hyundai Ioniq 5 N memiliki karakter agresif, dilengkapi dengan desain bumper baru yang memperpanjang bagian depan dan belakang sebanyak masing-masing 25 milimeter dan 55 milimeter. Secara keseluruhan, dibanding Ioniq 5 biasa, mobil ini 20 milimeter lebih rendah, 50 milimeter lebih lebar di bagian bawah untuk menampung ban yang lebih lebar, dan 80 milimeter lebih panjang karena hadirnya diffuser yang lebih menonjol. Kesan ini diperkuat oleh velg performa aluminium 21 inci yang dibuat dengan teknik tempa dibungkus ban high-grip 275/35R21 Pirelli P-Zero.

Hyundai Ioniq 5 N Foto: Dok. Hyundai

Hyundai Ioniq 5 N yang kami coba memiliki warna bodi Performance Blue Matte, warna khas Hyundai N. Di bagian depan, Hyundai Ioniq 5 N mengombinasikan bumper depan N-exclusive dengan mesh fungsional, Air curtains, dan Active Air Flaps depan yang mampu meningkatkan aerodinamika.

Spoiler belakang, diffuser belakang, dan outlet udara menekankan aspek sporty dan meningkatkan aerodinamika. Spoiler lip berjalan di sepanjang bagian bawah bumper untuk menekankan low-slung mobil dan menghadirkan intensi performanya.

Di bagian belakang, spoiler N-exclusive, bersama diffuser belakang dan outlet udara dengan aksen oranye, membantu mengontrol aliran udara untuk mendukung performa aerodinamika optimal. Hal ini menyoroti kemampuan high-performance Ioniq 5 N dan menambahkan gaya agresifnya. Lampu stop tinggi N-exclusive untuk pengereman pun terintegrasi ke dalam spoiler.

Interior Khas Mobil Sport

Di bagian kabinnya, kesan sporty terasa sangat kental. Desain interior Hyundai Ioniq 5 N didasari oleh konsep balap, mengutamakan ergonomi pengemudi yang ideal. Pengendara akan dimanjakan oleh kursi sport N bucket-type yang memiliki posisi duduk lebih rendah, setir N-exclusive baru dengan tombol mode khusus, dan konsol tengah N-exclusive. Kursi hadir dalam dua desain bermotif piksel: Kain dan kulit murni serta Poly Alcantara daur ulang dan kulit murni.

Hyundai Ioniq 5 N Foto: Dok. Hyundai

Mengingat sifat berkendara N, pedal Hyundai Ioniq 5 N dioptimalkan untuk kontak kaki saat berkendara di trek yang melibatkan oversteer, drifting, dan power slides, mengurangi risiko selip kaki pengemudi dalam berkendara dua kaki. Footrest dioptimalkan untuk selalu menjaga postur berkendara yang stabil, termasuk saat pengereman kuat. Desain pedal yang dioptimalkan juga mengamankan pengereman menggunakan kaki kiri saat di sirkuit.

Sama seperti Ioniq 5, bahan sustainable diterapkan di seluruh Ioniq 5 N, termasuk garnish pintu dekoratif paperette yang dapat didaur ulang, benang PET bio dari tebu, benang PET daur ulang dari botol PET, TPO bio dari tebu, dan kulit murni. Ioniq 5 N juga menambahkan cat pigmen ban daur ulang dan kain penutup kursi dari daur ulang Poly Alcantara.

Test Drive Hyundai Ioniq 5 N Foto: Rangga Rahadiansyah

Spesifikasi di Atas Kertas

Hyundai Ioniq 5 N dibekali dua motor listrik di as depan dan as belakang. Motor listriknya bisa beroperasi hingga 21.000 rpm.

Kehadiran inovasi ini memungkinkan Hyundai Ioniq 5 N menghasilkan output maksimal 609 PS dan torsi 740 Nm. Namun, ketika tombol N Grin Boost (NGB) ditekan, ada tambahan 41 PS menjadi 650 PS dengan torsi maksimal 770 Nm selama 10 detik untuk pengalaman berkendara yang lebih menantang.

Hyundai Ioniq 5 N mampu mencapai kecepatan maksimal hingga 260 km/jam. Akselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 3,5 detik atau 3,4 detik dengan NGB aktif.

Hyundai Ioniq 5 N Foto: Dok. Hyundai

Sensasi Nyetir Ioniq 5 N yang Menyenangkan

Menyetir Hyundai Ioniq 5 N di jalan raya maupun di sirkuit serasa sedang tidak mengendarai mobil listrik. Gerungan suara mesin yang dikeluarkan dari speaker serta sensasi perpindahan gigi ala mobil ICE membuat kami lupa bahwa kami sedang mengemudi mobil listrik.

Hyundai Ioniq 5 N memiliki fitur N Active Sound yang dapat menghasilkan suara EV. Ada tiga pilihan suara mesin yang bisa disesuaikan dengan selera pengendaranya, ada Ignition seperti suara knalpot mobil sport bermesin ICE, ada suara Evolution yang lebih futuristik, sampai suara Supersonic yang menyerupai suara jet supersonic.

Kalau saya pribadi sih lebih suka suara Ignition. Jadi kita bisa lebih menyatu dengan mobilnya ketika mendengar deru suara mesin saat mengemudi.

Sensasi menyenangkan juga ditunjang oleh fitur N e-Shift. Fitur ini membuat pengendara memiliki kendali untuk perpindahan gigi melalui paddle shift. Ketika N Active Sound dan N e-Shift akfit, ini seperti suara dan shifter sungguhan pada mobil ICE. Sebab, ketika pengendaranya telat ganti gigi, akan ada rev limitter yang menggerung dan mobil seakan menahan layaknya mobil manual tidak diganti gigi sampai redline.

Test Drive Hyundai Ioniq 5 N di Sirkuit Parcmotor Castelloli Barcelona Foto: Dok. Hyundai

Di sirkuit, kita juga bisa mensimulasikan saat start balapan. Berkat fitur N Launch Control, mobil bisa berakselerasi sangat cepat dari posisi diam. Kami coba N Launch Control dua kali di sirkuit ini. Rasanya badan langsung terlempar ke belakang ketika gas diinjak full dan rem dilepas. Kalau ditambah tombol N Grin Boost, ada tambahan daya selama 10 detik yang membuat mobil semakin ngebut.

detikOto juga sempat mencoba Ioniq 5 N untuk ngedrift. Mobil ini sudah punya fitur N Drift Optimizer. Fitur ini akan menyeimbangkan berbagai kendali kendaraan sesuai input realtime yang dilakukan oleh pengendaranya. Ya meskipun agak sedikit sulit untuk ngedrift bagi saya yang ‘newbie’, tapi dengan N Drift Optimizer ngedrift pakai Ioniq 5 N terasa menyenangkan.

Hyundai Ioniq 5 N Foto: Dok. Hyundai

Selain itu, Hyundai Ioniq 5 N memiliki N Pedal yang memberikan turn-in instan dan meningkatkan sensitivitas throttle, serta memprioritaskan cornering cepat dan bertenaga dibandingkan efisiensi daya. Ada pula Torque Kick Drift yang memungkinkan clutch kick action layaknya kendaraan rear-wheel-drive ICE, sehingga pengemudi bisa mendapatkan inisiasi drift yang lebih cepat untuk berbagai situasi berkendara.

Untuk di sirkuit, Hyundai N membekali mobil ini dengan N Race. Terdiri dari dua mode, yaitu “Endurance” yang mengontrol konsumsi energi untuk membawa pengemudi berkendara lebih lama di lintasan, serta “Sprint” yang memaksimalkan power kendaraan sehingga pengemudi bisa mencapai target waktu yang diinginkan selama melaju di lintasan balap.

Selanjutnya ada N R-MDPS (Rack-Mounted Motor-Driven Power Steering) yang memungkinkan steering ratio lebih tinggi dan feedback torsi yang lebih baik untuk menghasilkan pengalaman berkendara yang lebih hidup dari sebuah EV berperforma tinggi. Juga ada N Battery Pre-Conditioning yang mengoptimalkan sel baterai untuk menjaga temperatur dengan daya paling efisien melalui dua pilihan mode: ‘Drag’ untuk optimalisasi daya dalam waktu yang terkontrol serta ‘Track’ untuk menjaga temperatur baterai tetap rendah untuk melalui lebih banyak lap.

Lalu, Hyundai Ioniq 5 N punya N Brake Regen yaitu sistem region braking khas Hyundai N yang telah dioptimalkan untuk demi memberikan deselerasi yang maksimal dan transisi kecepatan yang mulus

Terakhir ada Vehicle-to-Load (V2L) seperti Ioniq 5 standar. Fitur V2L memungkinkan pengguna menggunakan daya dari baterai EV untuk mengecas perangkat elektronik, seperti sepeda elektrik, perlengkapan berkemah, hingga peralatan domestik, baik saat mobil dalam keadaan hidup maupun mati.

Semua fitur itu dirancang untuk meningkatkan pengalaman berkendara dan kontrol yang lebih baik, serta respons yang lebih cepat untuk pengalaman berkendara yang sejalan dengan konsep “Driving Fun” dari Hyundai N Brand.

Bakal Dijual di Indonesia

Hyundai akan menjual Ioniq 5 N di Indonesia. Head of Marketing Department Hyundai Motor Asia-Pacific, Sangwook Lee, telah memastikan bahwa Indonesia akan memiliki Ioniq 5 N.

“Kami belum mengkonfirmasi waktu pastinya, tapi kami berusaha untuk memperkenalkan Ioniq 5 N di Indonesia akhir kuartal ketiga. September atau Oktober tahun ini,” kata Sangwook Lee yang akrab disapa Sean saat ditemui di Barcelona, Spanyol, Sabtu (23/3/2024).

Soal harganya, yang pasti Hyundai Ioniq 5 N akan dijual lebih mahal dibanding Ioniq 5 standar. Namun, sampai saat ini belum ada kepastian harga Ioniq 5 N di Indonesia.

Simak Video “JANGAN Road Trip ke Jawa Naik Mobil Listrik Sebelum Nonton Ini! Petualangan ‘Tri Mas Petir’
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

Membagikan
Exit mobile version