Selasa, September 24


Jakarta

Enea Bastianini finis pertama di MotoGP Emilia Romagna 2024 usai momen kontroversial. Marc Marquez pun terindikasi merasa Bastianini harusnya kena hukuman.

Manuver Enea Bastianini kepada Jorge Martin di lap akhir menjadi salah satu momen menentukan di MotoGP Emilia Romagna 2024. Bastianini pada akhirnya finis pertama dengan Martin harus rela finis kedua.

Posisi finis itu tidak lepas dari aksi menyalip Enea Bastianini. Aksi ini tampak bikin kesal Jorge Martin, yang usai balapan juga sempat menyuarakan kekesalan. Dan Marc Marquez ikut bersimpati kepada Martin.


“Aku melihat tayangan ulangnya dan Enea gagal menjaga motor tetap di batas lintasan. Jadi ia seharusnya melepas posisi tersebut,” kata Marc Marquez seperti dilansir GPOne.

Marc Marquez dikenal sebagai rider yang juga amat kompetitif dan beberapa kali memperlihatkan manuver agresif. Tapi ia menegaskan harusnya steward atau Race Direction bisa mengambil tindakan atas aksi Bastianini.

[Gambas:Twitter]

“Aku sepakat bahwa itu adalah satu-satunya cara untuk menyalip dengan motor pada situasi tersebut, tapi faktanya ia melewati kerb. Di sinilah masalahnya,” ucapnya.

“Pandanganku tidak pernah berubah; dalam balap motor, terutama di MotoGP saat ini, begitulah cara menyalip terutama dalam situasi sedemikian ketat. Bastianini sudah berusaha semaksimal mungkin, sampai akhirnya mengenai area biru yang artinya ia sudah melewati kerb, alias keluar dari area lintasan. Jika itu tidak terjadi, barulah tidak ada masalah.”

“Aksi menyalipnya agresif, tapi bersih. Enea pernah melakukan hal serupa kepadaku di Assen. Aku melebar dan tidak bereaksi apa-apa karena itu adalah bagian dari balapan. Tapi pihak yang menyalip harus tetap di dalam lintasan. Menurutku saat ban sudah melintas keluar, kamu harus kehilangan posisi,” tuturnya.

Selepas penuturannya tersebut, MM93 kembali ditanya bahwa apa yang dilakukan Enea Bastianini sejatinya adalah gaya yang beberapa kali pernah pula ia lakukan di masa lalu. Marquez pun mengiyakan, walaupun disertai catatan.

“Memang benar itu adalah aksi yang juga pernah aku lakukan. Tapi kalau kamu menyalip dan keluar lintasan, atau yang kamu salip terjatuh, maka kamu akan kena hukum dan dari dulu seperti itu. Seperti yang sudah aku katakan, Bastianini menyalip dengan bersih dan bagus, asalkan roda motornya tidak sampai kena area biru,” ujar Marc Marquez.

Simak Video: Menangi MotoGP San Marino di Luar Dugaan Marc Marquez

[Gambas:Video 20detik]

(krs/cas)

Membagikan
Exit mobile version