Senin, Oktober 21


Jakarta

Dody Hanggodo dipercaya Presiden Prabowo Subianto menjabat Menteri Pekerjaan Umum (PU) menggantikan Basuki Hadimuljono. Nama Dody belum pernah terdengar di pemerintahan maupun politik, namun diisukan sebagai ‘orang dekat’ pengusaha asal Kalimantan, Haji Isam.

Terkait ini, Dody akhirnya buka suara. Ia mengakui pernah bekerja dengan Haji Isam.

“Saya dulu pernah kerja sama beliau, tapi that’s it. Pernah kerja dulu, dulu banget. Awal-awal saya hidup saya kerja sama beliau. Awal-awal saya hidup,” katanya usai acara Sertijab di Kantor Kementerian PUPR, Senin (21/10/2024).


Saat ditanya soal latar belakang dirinya, Dody tidak memberi penjelasan. Adapun ia percaya diri mampu bekerja baik di Kementerian PU meskipun bukan dari orang internal kementerian.

Dalam catatan detikcom, Dody merupakan pengusaha asal Surabaya yang merupakan ayah Aushaf Fajr Herdiansyah, politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Aushaf juga merupakan seorang Wakil Bupati Nganjuk dalam Pilkada Kabupaten Nganjuk 2024.

Dikutip dari keterbukaan informasi BEI, Senin (21/10/2024), Dody Hanggodo pernah menjabat sebagai Komisaris PT Pradiksi Gunatama Tbk pada 2017 dan 2018, serta sebagai Komisaris PT Senabangun Anekapertiwi pada 2019 dan 2020.

PT Pradiksi Gunatama Tbk sendiri merupakan perusahaan di bidang bisnis perkebunan kelapa sawit yang berlokasi di Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur. Sedangkan PT Senabangun Anekapertiwi merupakan perusahaan afiliasi PT Pradiksi Gunatama Tbk (PGUN).

Berdasarkan penelusuran, per 30 September 2024 PGUN dikendalikan oleh PT Araya Agro Lestari dengan kepemilikan sebesar 38,44% dan PT Citra Agro Lestari, dengan kepemilikan 38,25%.

Diketahui kedua perusahaan ini merupakan entitas usaha milik anak Haji Isam, yakni Jony Saputra dan Liana Saputri yang duduk di kursi Komisaris Utama PGUN.

(ily/hns)

Membagikan
Exit mobile version