Jumat, Oktober 11


Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Prabowo Subianto selaku presiden terpilih bakal melantik menteri-menteri di kabinet barunya sehari setelah dilantik. Tepat tanggal 21 Oktober 2024, Prabowo akan melantik para menterinya.

Jokowi mengungkapkan pelantikan menteri Prabowo akan dilakukan pada hari Senin dua pekan ke depan. Bila dihitung, hari itu adalah tanggal 21 Oktober 2024.

“Nanti ditunggu saja hari Senin, Senin berikutnya tapi, seminggu lagi, menteri-menterinya akan dilantik,” ungkap Jokowi dalam Kompas 100 CEO Forum yang disiarkan langsung dari IKN, Kalimantan Timur, Jumat (11/10/2024).


Jokowi sendiri mengaku tak tahu siapa saja menteri yang mau dipilih Prabowo. Dia berkelakar urusan ini bisa ditanyakan saja ke Ahmad Muzani, Ketua MPR sekaligus Sekjen Partai Gerindra yang mengusung Prabowo.

“Kalau mau tau menterinya siapa-siapa tanya ke pak Ahmad Muzani. Jangan tanya ke saya yang berkaitan dengan itu,” sebut Jokowi.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu mengungkapkan dirinya tak mau mengintervensi kabinet Prabowo. Dia menyatakan dirinya tidak akan cawe-cawe, karena urusan menteri adalah hak prerogatif seorang presiden.

“Kalau tanya ke saya orang akan langsung negativisme tadi, bilang saya ikut-ikut, intervensi, ndak. Saya pun juga tidak pernah mau diintervensi untuk urusan hak prerogatif,” pungkas Jokowi.

(hal/das)

Membagikan
Exit mobile version