Jumat, Oktober 11


Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Menteri ESDM Bahlil Lahadalia sangat lincah. Hal ini terkait Bahlil yang mendorong Jokowi untuk menandatangani kenaikan tunjangan kinerja (tukin) pegawai Kementerian ESDM.

Jokowi mengatakan dirinya selalu disinggung Bahlil soal tukin ESDM. Jokowi menekankan bahwa permintaan kenaikan tukin itu belum sampai ke mejanya.

“Pak Menteri ini bolak-balik mendorong saya, menanyakan ke saya nggak sekali-dua kali. Saya akan tandatangan kalau barangnya itu sampai di meja saya, sampai malam ini belum. Belum sampai di meja saja, tetapi memang sudah sedikit lagi, jadi begitu sampai di meja saya akan saya tandatangani yang namanya tunjangan tadi,” kata Jokowi saat memberikan sambutan di HUT Pertambangan dan Energi, Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2024).


Di depan pegawai Kementerian ESD’M, Jokowi megatakan kalau dirinya bicara secara apa adanya. Jokowi lantas menyinggung Bahlil lincah karena sengaja bicarakan tukin di acara ESDM.

“Saya sebetulnya bisa saja ngomong, sudah saya tandatangani. Tapi saya nggak mau, memang belum, ya saya harus ngomong apa adanya belum saya tandatangani karena belum sampai di meja saya dan memang Pak Menteri ESDM ini sangat lincah sekali, barangnya ada di sini didorong, sudah masuk sana-sini dorong dan selalu menanyakan kepada saya, ‘Sudah Pak?’ kata Jokowi.

“Ya saya belum tandatangan ya saya jawab ‘Belum’. Tadi siang saja ketemu, ‘Sudah Pak?’ ‘Belum’. Ya memang belum. Jadi kalau saya jawab bohong namanya,” lanjut Jokowi.

Sebelumnya, Bahlil menyinggung soal tukin saat membuka acara tersebut. Bahlil bicara ada kado untuk Kementerian ESDM jelang Jokowi pensiun.

“Tadi juga saya sudah laporkan kepada teman-teman, Insyaallah ada kado di akhir masa jabatan Bapak Presiden, tapi biarkanlah Bapak Presiden yang akan menyampaikan, karena sesungguhnya Bapak Presiden cinta betul sama keluarga besar ESDM,” ujarnya.

Simak Video ‘Bahlil Terima Kasih ke Jokowi Sudah Dilantik dari Menteri hingga Ketum Golkar’:

[Gambas:Video 20detik]

(eva/rfs)

Membagikan
Exit mobile version